Apa Kehebatan Stadion Baru Senilai Rp 1 Triliun Ini?

Nasional / 24 December 2012

Kalangan Sendiri

Apa Kehebatan Stadion Baru Senilai Rp 1 Triliun Ini?

Lois Official Writer
2260

Stadion baru di Provinsi DKI Jakarta senilai Rp 1.05 triliun itu akan dibangun dengan menggunakan desain menyerupai bentuk sorban, yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi. Stadion ini akan menjadi stadion terbesar kedua yang mampu menampung 50 ribu penonton setelah stadion GBK yang mampu menampung 80 ribu penonton. Lantas, apa saja kelebihan dari stadion yang akan digunakan oleh Persija Jakarta ini?

Kental Budaya Lokal

Lilitan sorban yang membentuk stadion adalah komitmen untuk mengangkat budaya lokal melalui desain stadion bertaraf internasional. Selain itu, ternyata logo olimpiade berbentuk ring juga menjadi inspirasi dalam pembuatan bangunan stadion tersebut.

Ring dalam balok sorban di atas stadion itu memiliki arti dinamis.Selain itu, Jokowi juga meminta ornamen Betawi di beberapa tempat stadion, misalnya pintu masuk.

Ramah Lingkungan

Jokowi ingin setiap lahan yang tersisa dalam pembangunan itu nanti dipergunakan sebagai lahan terbuka hijau. Stadion ini nantinya juga dilengkapi filter pengelolaan air, lampu hemat energi, dan juga pusat olahraga air yang berpusat di pinggir Danau Sunter. Selain itu, dari total 66 hektar, 30 hektar di antaranya digunakan untuk pembangunan taman hijau, sedangkan sisanya diisi oleh Taman Wisata Air.

Multi Fungsi

Selain sebagai stadion, ternyata ada empat taman yang juga rencananya akan dibuat di stadion baru seperti taman olahraga, taman wisata air, taman tropis, dan taman edukasi. Taman-taman ini bisa digunakan warga untuk berwisata dan juga belajar.

Parkir Luas

Stadion ini akan dilengkapi dengan parkir luas di bawah tanah yang nantinya akan menampung 5.000 mobil dan 1.000 motor. Lahan terbuka juga bisa dimanfaatkan untuk ajang nonton bareng jika ada penonton yang tidak bisa masuk ke dalam stadion.

Memenuhi Standar FIFA

Dua lapangan latihan standar FIFA pun disediakan di stadion ini. Stadion juga punya dua pintu masuk. Pintu keluar masuk utama untuk tuan rumah dan kedua pintu untuk tim lawan sehingga dengan perbedaan jalur keluar masuk, bentrok pun dapat dicegah.

Tentunya dengan adanya stadion ini, pesepakbolaan di Indonesia makin jaya. Banyak lahir orang-orang yang membuat nama Indonesia harum di bidang sepak bola dan membuat Indonesia dipandang.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri


Natal Bermakna Bagi Pasangan, Jika Ada Yesus di Dalamnya

Resep Pain de Saumon Untuk Makan Malam Natal Anda

Sumber : bola.net by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami