Katulampa Siaga 2, Beberapa Wilayah Jakarta Akan Kebanjiran

Nasional / 23 December 2012

Kalangan Sendiri

Katulampa Siaga 2, Beberapa Wilayah Jakarta Akan Kebanjiran

Puji Astuti Official Writer
2520

Karena curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat debit airt di pintu air Katulampa telah mencapai titik tertinggi selama tahun 2012 ini, yaitu 180 cm. Menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pintu air Katulampa telah berada di status siaga 2, hal tersebut berarti beberapa wilayah Jakarta diprediksi akan mengalami banjir pada dini hari nanti.

"Ada pun daerah yang berpotensi terkena banjir yaitu di daerah sekitar bantaran Sungai Ciliwung yaitu: Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu," demikian pernyataan Sutopo yang dirilis oleh Detik.com, Minggu (23/12).

Dengan kondisi Katulampa yang telah mencapai 180 cm, maka diprediksi air akan mencapai Depok sekitar pukul 20.30 –21.30 WIB dan pada Senin (24/12) besok debit air akan mencapai Manggarai pada pukul 03.30 – 04.30 WIB.

Beberapa sungai di wilayah Jakarta dinyatakan telah mencapai siaga 4, diantaranya adalah Depok, Pintu Air Manggarai, Cipinang hulu, Sunter hulu, Pulo Gadung, Angke hulu, Pesanggrahan, dan Krukut hulu. Sedangkan untuk sungai di Pasar ikan masih berada dalam status siaga 3.

Menghadapi bencana banjir ini, Tim Reaksi Cepat BNPB, dan BPBD DKI Dinas PU Jakarta serta Balai Besaw Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane telah melakukan koordinasi dan siap untuk melakukan tindakan yang diperlukan. Walau demikian, warga yang berada di wilayah rawan banjir diharapkan waspada mengingat kemungkinan banjir kiriman datang pada tengah malam hingga pagi hari.

Sumber : Detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami