Hai Suami-Istri, Bersiaplah Untuk Liburan Natal !

Marriage / 22 December 2012

Kalangan Sendiri

Hai Suami-Istri, Bersiaplah Untuk Liburan Natal !

Budhi Marpaung Official Writer
2900

Bagi banyak dari kita, musim liburan adalah waktu yang membawa sukacita sekaligus mencemaskan. Mengapa? Karena pada dasarnya kita mencintai perayaan, tradisi keluarga, tetapi di sisi lain kita memerlukan banyak hal yang perlu dilakukan sebelumnya mulai dari persiapan mengisi liburan sampai persiapan hati bila suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah delapan tips yang telah saya temukan untuk membantu musim liburan Anda menyenangkan dan bermakna.

1.Tetapkan harapan. Luangkan beberapa waktu sekarang menetapkan harapan yang realistis dan dikelola untuk musim liburan Anda dan pasangan. Pahami bahwa Anda berdua tidak bisa melakukan semuanya! Jadilah realistis tentang apa yang dapat Anda berdua lakukan. Buatlah daftar prioritas kegiatan Anda berdua yang paling penting. Kemudian, atur waktu Anda berdua. Perlu diingat bahwa ini adalah "musim" (bukan "hari") liburan sehingga lakukanlah aktivitas yang sedikit berpotensi membuat stres.

2. Ingat musim liburan tidak menghilangkan kesedihan. Masalah dan kesulitan muncul bahkan selama musim liburan. Dan, bagi sebagian orang, musim liburan membangkitkan kenangan yang menyakitkan peristiwa di masa lalu. Berikan ruang untuk diri sendiri dan dia mengalami perasaan-perasaan itu. Kemudian, berusahalah mengatasinya, bahkan persiapkan mental dan hati Anda untuk menghadapi tantangan yang ada sekarang atau mungkin akan terjadi di depan nanti!

3. Kembangkan rasa syukur. Syukur adalah atribut yang melampaui keadaan. Tidak peduli apa situasi Anda dan pasangan, saya percaya ada alasan untuk bersyukur di dalamnya. Keadaan Anda berdua mungkin tidak pernah berubah, tapi sikap Anda berdua terhadap apa yang ada di luar Anda berdua dapat berubah ... dan ini dapat membuat semua perbedaan. Umat Kristen memiliki alasan khusus mengadopsi sikap syukur, karena kita tahu bahwa apa pun yang datang, kita berada di tangan Allah. Itu Yesus yang katakan pada dasarnya, "Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:34.)

4. Lakukan sesuatu untuk orang lain. Salah satu cara kita dapat menunjukkan bahwa kita berterima kasih kepada Tuhan atas segala berkat-Nya adalah dengan membantu orang lain.

5. Nikmati kegiatan yang murah atau gratis. Ada banyak baik liburan-terkait kegiatan yang akan menambah kenikmatan keluarga Anda, seperti mengemudi mobil/mengendarai motor ke beberapa toko sekitar lingkungan rumah hanya untuk sekedar melihat dekorasi hari libur, memanggang kue Natal, atau pun window shopping.

6. Nikmati tradisi liburan keluarga. Tradisi memberikan kesempatan untuk menjaga warisan keluarga. Mereka menciptakan kenangan yang berarti. Jadi, dari konyol ke sentimental, jika keluarga besar Anda memiliki beberapa tradisi liburan, jika memungkinkan, pastikan untuk memasukkan mereka ke dalam rencana kegiatan liburan Anda.

7. Mencoba sesuatu yang baru. Rayakan liburan dengan cara baru. Ingatlah bahwa Anda dan pasangan hanya dapat menciptakan tradisi baru yang akan terus selama beberapa generasi jika Anda berdua mulai melakukan sesuatu yang baru saat ini!

8. Keluarkan uang secara bertanggung jawab. Musim liburan membawa serta godaan besar untuk menghabiskan uang melebihi kemampuan Anda dan pasangan Anda. Oleh sebab itu, apapun tawaran-tawaran barang yang datang baik sengaja maupun tidak sengaja kepada Anda dan pasangan, katakan saja tidak! Putuskan sekarang untuk bertanggung jawab secara finansial musim liburan ini!

Kiranya apa yang saya tuliskan dapat menolong Anda dan pasangan menikmati waktu berlibur di tahun ini. Selamat menikmati hari-hari Anda bersama orang-orang yang Anda kasihi, Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : cbn.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami