Langit dan Bumi Baru (Part 2)

Kata Alkitab / 21 December 2012

Kalangan Sendiri

Langit dan Bumi Baru (Part 2)

Budhi Marpaung Official Writer
6726

Pada bagian I, Anda sudah mempelajari mengenai hubungan langit yang baru dan bumi yang baru dengan bumi yang lama dan tempat kediaman Allah. Kini melanjutkan pembahasan itu, Anda akan belajar mengenai hubungan langit yang baru dan bumi yang baru dengan tubuh rohani dan materi rohani. 

3. Hubungan langit yang baru dan bumi yang baru, dengan tubuh rohani dan materi rohani. Memang kemampuan manusia sangat terbatas untuk mengungkapkan hal materi rohani, demikian pula hal tubuh rohani. Paulus mengatakan,

“Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi.” (I Korintus 15:40).

Dalam pengertian hal tubuh surgawi, kita ditolong oleh kebangkitan Tuhan Yesus secara badani. Dalam pengertian hal materi rohani, kita bergantung pada lambang-lambang, perumpamaan-perumpamaan dan gambaran seperti: “tembok Yerusalem baru terbuat dari permata yaspis”. “kota itu sendiri terdiri dari emas tulen”, “jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening”, “sungai air kehidupan yang jernih bagaikan kristal”, “pohon-pohon kehidupan yang berbuah 12 kali”.

Namun ada satu hal yang dapat menolong kita untuk mulai mengerti satu-dua segi materi rohani: materi tidak sama dengan barang yang kelihatan. Materi juga ada dalam keadaan yang tidak kelihatan, karena panas tinggi dapat mengubah materi yang kelihatan menjadi materi tidak kelihatan, seperti suhu dingin yang luar biasa (-202º), mengubah udara yang tidak kelihatan menjadi cairan, dan akhirnya kristal.

Hal kelihatan, sebenarnya sesuatu yang amat terbatas, sama seperti seperti hal pendengaran. Manusia hanya sanggup melihat warna dan barang yang bergerak dengan vibrasi/getaran antara 400 dan 800 billion. Barang dan warna yang lebih tinggi atau rendah, vibrasinya tidak dilihat manusia. Demikian juga manusia, hanya sanggup mendengar musik, walaupun sangat indah, kalau suara itu tidak melebihi 750.000 vibrasi per titik dalam udara.

Jelaslah hal kelihatan dan tidak kelihatan, juga kedengaran dan tidak kedengaran bergantung semata-mata pada kesanggupan mata dan telinga manusia. Oleh karena itu, makin teranglah pandangan Alkitab, bahwa dunia yang kelihatan berada dalam dunia yang tidak kelihatan ([kitab]kolos1:16[/kitab]). Tetapi materi surgawi atau rohani adalah lebih daripada materi dunia ini yang dalam keadaan tidak kelihatan. Dialah materi yang dipermuliakan dan diperintah oleh Roh Allah.

Apa yang diungkapkan disini mengenai langit dan bumi baru memang masih berupa tafsiran, tetapi paling tidak melalui ini kita memiliki gambaran yang sedikit lebih jelas mengenai apa yang tertulis di kitab Wahyu 21.

Kiranya Tuhan Yesus semakin menerangi Anda dalam pengertian terhadap segala sesuatu khususnya berkenaan dengan hal-hal kedatangan-Nya yang kedua kali kelak. Tuhan Yesus memberkati !  

Baca juga : 

Kisah Nyata Pria Muda yang Bergumul Dengan Homoseksualitas

Happy Bday ke-9 Jawaban.Com 

5 Hal Penting yang Dibutuhkan Setiap Pernikahan Kristen

Yuk Atasi Sariawan Dengan Cara-Cara Sehat Ini

Langit dan Bumi Baru (Part 1)

Sumber : D Scheunemann / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami