Sosok Kepemimpinan Jokowi Dibutuhkan Papua

Nasional / 20 December 2012

Kalangan Sendiri

Sosok Kepemimpinan Jokowi Dibutuhkan Papua

daniel.tanamal Official Writer
2726

Daya gebrak kepemimpinan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga saat ini ternyata begitu dirasakan secara nasional. Bahkan tokoh pemuda Mimika Papua Decky Mirino mengungkapkan bahwa bumi Cendrawasih saat ini butuh kepemimpinan mantan bupati Solo itu untuk pembangunan secara mendasar.

"Pemimpin seperti Jokowi itu yang dibutuhkan Papua saat ini. Dia tidak pernah memberi janji dan mengiming-imingkan sesuatu kepada rakyat, tapi dia punya hati untuk turun ke tengah rakyat dan merasakan langsung apa yang rakyat butuhkan," kata Decky seperti dirilis Antara di Timika, Senin (17/12).

Terutama dalam Pilkada Papua periode 2013-2018 yang akan bergulir tanggal 29 Januari 2013, Decky berharap dari enam pasang calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) akan punya gaya kepemimpinan seperti Jokowi, bukan semata karena memiliki harta dan uang banyak atau karena dukungan partai politik, tetapi karena memiliki hati untuk mau melayani rakyat dengan berbagai risiko.

"Para calon gubernur dan wagub Papua harus bisa mengukur diri mereka sejauh mana selama ini mereka berbuat untuk rakyat. Apakah selama ini rakyat di daerah yang mereka pimpin sudah puas dengan karya yang mereka kerjakan atau justru sebaliknya rakyat sesungguhnya sudah tidak simpatik dan memiliki harapan terhadap mereka," tutur Decky. 

Selain itu Decky berharap rakyat Papua juga bisa memetik contoh dan pelajaran dari Pilkada DKI Jakarta sehingga rakyat Papua bisa mendapatkan secercah harapan dari sosok pemimpin yang akan datang di tengah situasi yang masih kelam hingga saat ini. "Pilkada DKI Jakarta baru-baru ini sesungguhnya telah memberikan pelajaran politik yang sangat penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa kekuatan uang dan dukungan parpol tidak menjadi ukuran," katanya. 

Jiwa melayani adalah salah satu faktor kepemimpinan yang dibutuhkan Indonesia saat ini yang sangat krisis sosok pemimpin ditengah carut marut kondisi perpolitikan yang kerap kali mengancam persatuan negara.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Kevin Bacon Galang Amal untuk Hadiah Natal

Arti Natal untuk Umat Teraniaya di Asia Tengah

Banser Ansor Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Sekolah Ini Larang Anak-anak Hadiri Konser Perayaan Natal

Pesulap Ini Klaim Dirinya Penyebab Kekalahan Arsenal

 

 

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami