Pohon Natal Brussel Picu Kontroversi

Nasional / 12 December 2012

Kalangan Sendiri

Pohon Natal Brussel Picu Kontroversi

daniel.tanamal Official Writer
3020

Sebuah petisi telah ditandatangi oleh ribuan orang untuk menolak sebuah pohon natal yang berbentuk balok instalasi cahaya di Brussel, Belgia. Pohon natal di Grand Place yang memicu kontroversi itu disebut oleh para kritikus sebagai cara pemerintah untuk meredam maksud yang menyinggung terhadap warga non-Kristen.

Terhadap petisi ini, pemerintah setempat langsung menepis tuduhan kritikus dan menyebutkan bahwa pohon natal dengan design instalasi cahaya yang oleh warga sekitar, disebut “The Pharmacy” ini merupakan bagian dari tema tahun ini yakni Cahaya. Sebelumnya pohon Pinus setinggi 20 meter biasanya menghiasi alun-alun kota di Grand Place. Namun tahun ini, tergusur oleh kehadiran instalasi lampu setinggi 25 meter itu.

 Dewan Pariwisata Philippe Close, mengatakan bahwa instalasi ini bertujuan memamerkan karakter avant-garde karakter dari Brussel dengan memadukan unsur modern dan tradisional, sehingga menghasilkan hal yang baru dan berbeda. Bahkan pengunjung berkesempatan untuk mendaki ke puncak pohon dan menikmati indahnya pemandangan kota. 

Banyaknya orang yang memprotes terhadap pohon natal yang baru itu karena pesona Brussel sebagai salah satu kota yang menyelenggarakan pasar musim dingin di Eropa. Mereka khawatir pohon natal bergaya kontemporer itu akan janggal di antara bangunan sekitar yang bernuansa abad ke-17. 

Lebih dari sekedar kenyamanan dan keindahan kota, pohon natal apapun akan mempunyai makna yang mendalam jika kita memandangnya atas syukur terhadap sukacita natal. Semua pernik dan simbol natal hanyalah pelengkap kecil dibanding arti dari kelahiran Tuhan Yesus di bumi.

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami