Yohanes Surya Menentang Penghapusan IPA

Nasional / 30 November 2012

Kalangan Sendiri

Yohanes Surya Menentang Penghapusan IPA

daniel.tanamal Official Writer
3477

Penghapusan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan juga dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang akan dihapus dan materinya diintegrasikan dengan mata pelajaran pokok mendapat tentangan keras dari pendiri Surya Institute, Yohanes Surya.

“IPA itu harus diajarkan sejak SD dan dipisahkan sebagai mata pelajaran, jangan digabung dengan Bahasa Indonesia. Kala digabung, indikatornya juga jadi indikator Bahasa kan? Misalnya, belajar listrik. Karena indikatornya bahasa kan maka jadinya, membikin puisi listrik. Enggak nyambung,” tuturnya Rabu (28/11).

Menurutnya rencana pemerintah ini hanya akan membuat pendidikan Indonesia makin terpuruk. “Kita lihat masalah utamanya adalah IPA diintegrasikan sama Bahasa Indonesia, lalu ketika diintegrasikan ada sekitar 60-70 persen materi IPA yang dipangkas. Ini yang bahaya. Sekarang kita mau gencar-gencarnya promosi sains, pemerintah malah memangkas sains. Sistem pendidikan kita sekarang berada di paling bawah, lalu IPA dipotong 70 persen, makin kacau  kan. Bayangkan, Indonesia akan jadi apa kalau 70 persen materi IPA akan dipangkas. Kita mau jadi apa?” ungkapnya.

Yohanes menilai bahwa IPA dianggap memberatkan anak-anak usia SD dikarenakan penyampaian materi dari guru siswa yang tidak menarik. “Saya menentang habis-habisan pengintegrasian ini. Saya akan terus menentang sampai pemerintah bosan juga mendengarnya. Kan sayang kalau Indonesia terjadi pembodohan secara nasional.”

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami