Pesawat Jet Ini 5x Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Nasional / 30 November 2012

Kalangan Sendiri

Pesawat Jet Ini 5x Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Lois Official Writer
5232

Para insinyur asal Eropa telah melakukan uji coba mesin terkait rencana pesawat jet luar angkasa yang dirancang layaknya penerbangan umum ini. Pesawat jet yang dinamai Skylon ini mampu melakukan penerbangan terjauh di dunia dalam jangka waktu 4 jam saja.

Insinyur-insinyur yang tergabung dalam Reaction Engines Ltd (REL) mengklaim telah berhasil mengatasi hambatan teknis yang membayangi pesawat jet tersebut selama 3 dekade terakhir. Mereka mengklaim ini merupakan terobosan terbesar sejak adanya penemuan mesin jet. Pekan ini, REL menguji coba desain pesawat di depan Badan Luar Angkasa Eropa dan uji coba tersebut berhasil dan dinyatakan persyaratan telah terpenuhi.

Pesawat jet Skylon ini berpotensi memiliki kecepatan hingga mach 5,5 atau 7242 km per jam di atas permukaan laut atau lebih cepat 5 kali dari kecepatan suara. Pesawat jet ini akan lepas landas dan mendarat di landasan normal seperti pesawat pada umumnya. Dengan pesawat ini, bepergian ke berbagai belahan dunia pun bisa dicapai lebih cepat. Contohnya rute Eropa-Sidney, Australia yang bisa ditempuh hanya dalam 4 jam saja. Yang dibutuhkan REL saat ini adalah dana US$ 382 juta atau setara Rp 3,6 triliun untuk membuat rancangan pesawat jet Skylon jadi kenyataan.

Suatu kemajuan yang begitu luar biasa yang manusia ciptakan. Satu hal yang perlu kita ingat, jika sudah mencapai kemajuan yang luar biasa. Setinggi-tingginya langit, masih ada langit yang lebih tinggi.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Vettel Juara Dunia dengan Rekor Pembalap Termuda

Resep Ratotuille, Bisa Disajikan Untuk Natal Anda

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami