2,5 Juta Lapangan Kerja Dibuka Pemerintah Tahun Depan

Nasional / 29 November 2012

Kalangan Sendiri

2,5 Juta Lapangan Kerja Dibuka Pemerintah Tahun Depan

Lois Official Writer
3491

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa tahun depan akan tercipta kesempatan kerja sebanyak 2,5 juta di Indonesia. Hal ini tentunya akan menekan angka pengangguran. Penciptaan lapangan kerja sebanyak 2,5 juta didasarkan pada optimisme tercapainya target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8% serta realisasi dari proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025.

“Pemerintah optimis dapat menciptakan 2,5 juta kesempatan kerja tahun depan. Namun, hal ini harus didukung oleh seluruh stokeholders ketenagakerjaan, baik di pusat dan daerah serta kerjasama lintas sektoral,” katanya di Jakarta.

Adapun sektor unggulan yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan diperkirakan akan membuka 20 ribu kesempatan kerja baru. Pertambangan dan penggalian sebanyak 46 ribu, industri pengolahan sebanyak 936 ribu, listrik-gas-air sebanyak 13 ribu kesempatan kerja baru, sektor bangunan ditargetkan sebanyak 511 ribu kesempatan kerja, perdagangan-hotel-restoran sebanyak 491 ribu, angkutan dan komunikasi 18 ribu, lembaga keuangan 162 ribu dan pemerintahan serta jasa lain sebanyak 308 ribu.

Jika hal ini dapat tercapai, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran yang saat ini mencapai 7,24 juta orang atau 6,14% per Agustus 2012. Sekjen Kemenakertrans Muchtar Luthfie mengatakan pengangguran terbuka pada 2013 diperkirakan menurun menjadi 6,96 juta. Selain itu, jumlah pekerja formal diharapkan terus meningkat. Hal ini penting, karena semakin meningkatnya penduduk yang bekerja di sektor formal berarti kesempatan kerja semakin layak.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia dapat membantu upaya memberantas pengangguran dengan cara menciptakan lapangan kerja yang baru. Sudah saatnya kita mandiri dan membangun kemakmuran Indonesia bersama.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Vettel Juara Dunia dengan Rekor Pembalap Termuda

Resep Ratotuille, Bisa Disajikan Untuk Natal Anda

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Sumber : beritasatu by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami