Bom Bunuh Diri Serang Gereja Nigeria, 11 Orang Tewas

Bom Bunuh Diri Serang Gereja Nigeria, 11 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
2744

Sebuah bom bunuh diri meledak di gereja di daerah Kaduna, Nigeria Utara, pada Minggu (25/11). Menurut pihak berwenang, bom tersebut menewaskan 11 orang dan melukai 30 orang lainnya.  Hingga berita ini dirilis belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab, namun pihak pemerintah mencurigai hal ini di dalangi oleh kelompok militant Boko Haram.

“Ledakan pertama tidak menimbulkan korban dan membuat jemaat keluar karena penasaran untuk melihat puing-puing di lokasi kejadian.. dan saat itulah ledakan kedua terjadi,” demikian ungkap juru bicara militer.

Menurut wartawan BBC yang berada di Lagos, umat Kristen dan gereja di Nigeria sering menjadi sasaran penyerangan pihak ekstrimis, selain gedung-gedung pemerintah ataupun militer. Pada Jumat lalu, pihak militer membuat sayembara dengan hadiah sebesar 50 juta naira atau setara 317.000 dolar Amerika bagi mereka yang bisa memberi petunjuk untuk penangkapan pemimpin Boko Haram, Abubakar Shakau. Untuk pemimpin Boko Haram lainnya dijanjikan hadiah sebesar 10 juta naira.

Setidaknya 50 orang telah tewas sejak bom di Kaduna pada bulan Juni 2012, dimana hampir setiap bulan selalu saja ada serangan pada gereja-gereja di Nigeria dari pihak militant. Kaduna adalah kota yang membelah Nigeria menjadi Nigeria Utara dimana penduduknya mayoritas Muslim dan Nigeria Selatan yang mayoritas Kristen.

Nigeria sendiri adalah sebuah negara berkembang yang kaya akan sumber daya alam, mengingat Nigeria  adalah salah satu dari 12 negara penghasil minyak dan 8 negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Saat ini beberapa tokoh dunia tengah melakukan kampanye dan dialog lintas agama di Nigeria, mengingat telah banyak korban jiwa berjatuhan karena konflik yang mengatasnamakan fanatisme agama.

Baca juga artikel lainnya :

Kisah Anak Muda yang Sejak Kecil Terkena Penyakit Kulit

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Cara Cerdas Atasi dan Cegah Maag

Mengapa Allah Berhenti Pada Hari Ketujuh ?  

Sumber : BBC | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami