Rumor Penghujatan Nabi Picu Kerusuhan di Nigeria Utara

Internasional / 24 November 2012

Kalangan Sendiri

Rumor Penghujatan Nabi Picu Kerusuhan di Nigeria Utara

Puji Astuti Official Writer
4589

Sebuah rumor tentang penghujatan oleh orang Kristen telah memicu kerusuhan di sebuah kota bernama Kano di Nigeria Utara. Diberitakan empat orang tewas dalam kerusuhan ini dan terjadi penjarahan toko-toko.

Menurut berita yang dirilis oleh BBC News Kamis (22/11), kerusuhan ini terjadi pada hari yang sama dimana Rev. Justin Welby, pemimpin dari Gereja Anglikan sedang mempromosikan toleransi beragama di Nigeria.

Bentrokan antar agama telah menelan ribuan korban jiwa di Nigeria sejak kekuasaan militer berakhir di tahun 1999. Kelompok militan Islam Boho Haram telah melakukan berbagai serangan ke rumah-rumah ibadah dan juga gedung pemerintahan.

Menurut kepala polisi wilayah Kano di Nigeria, kerusuhan tersebut dipicu oleh informasi yang salah.

“Ada rumor yang tersebar bahwa seseorang telah menghujat Nabi (Muhammad) dan terjadilah pelanggaran hokum dan ketertiban,” demikian pernyataan kepala polisi yang dikutip AFP.

Saat ini tentara dan polisi  telah dikirimkan ke kota Kano untuk memulihkan keamanan. Kano adalah sebuah kota kecil. Masalah bermula dari seorang penjahit beragama Kristen yang salah mengeja nama pemilik pakaian saat berbincang dengan tetangganya yang Muslim, sehingga arti dari kalimat itu berubah menjadi “Nabi telah datang ke pasar.” Hal tersebut menyebabkan di tetangga marah dan menyerang di penjahit serta menjarah dan membakar tokonya. Kejadian itu membesar dan terjadilah kerusuhan.

Di lain tempat, Rev.Welby bersama beberapa pemimpin Muslim dan Kristen serta mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair meluncurkan kampanye toleransi beragama di ibu kota Nigeria, Abuja.

Rumor dapat menjadi sesuatu yang berbahaya jika direspon dengan cara yang salah, contoh nyatanya adalah kisah di atas. Untuk itu lebih bijaksana untuk tidak menyebarkan rumor yang belum tentu kebenarannya, selain itu tingkatkan rasa toleransi antar umat beragama sehingga hal serupa di Nigeria tidak terjadi di negeri ini.

Baca juga artikel lainnya :

Kisah Anak Muda yang Sejak Kecil Terkena Penyakit Kulit

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Cara Cerdas Atasi dan Cegah Maag

Mengapa Allah Berhenti Pada Hari Ketujuh ?  

 

Sumber : BBC | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami