Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Fit & Charming / 23 November 2012

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Lois Official Writer
11018

Pencernaan terganggu disebabkan oleh beberapa faktor seperti mengkonsumsi makanan tertentu ataupun makan dan minum dengan cepat. Jenis permasalahan yang terjadi akibat hal itu adalah perut kembung, sembelit, mulas, dan sebagainya. Ini dia alasan kenapa pencernaan terganggu dan apa saja jenis gangguan tersebut :

Bersendawa. Hal ini terjadi karena makan atau minum dengan cepat sehingga udara masuk. Makan permen karet, makan permen keras, dan minum minuman berkarbonasi juga dapat menyebabkan sendawa. Untuk mencegahnya, minumlah secara perlahan dan hindari mengunyah permen karet untuk jangka panjang.

Perut kembung dapat terjadi karena mengkonsumsi kembang kol, kol, brokoli, kacang panjang, dan juga minuman berkarbonasi. Cobalah berjalan selama 5-10 menit dan tidak berbaring setelah makan untuk membantu meringankan masalah ini.

Gas dalam perut terbentuk dalam usus karena adanya bakteri yang bekerja sehingga gas keluar dari dubur. Keluarnya gas sebanyak 10-15 dalam sehari masih dianggap normal. Pembentukan gas dalam perut dapat terjadi karena terlalu banyak serat dalam diet dan juga mengkonsumsi makanan seperti hasil olahan dari susu, brokoli, kol, dan kembang kol.

Mulas atau refluks asam disebabkan asam lambung tumpah ke esofagus (kerongkongan/pipa makanan) dan membuat iritasi yang tak terlindungi dari esophagus. Mulas dapat terjadi setelah mengkonsumsi makanan pedas, makanan goreng, dan makanan cepat saji. Selain itu, berbaring setelah makan, dehidrasi, merokok, dan minum alkohol juga berkontribusi menimbulkan mulas. Hindari tembakau dan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam dalam perut seperti coklat, kopi, minuman kafein, tomat, makanan digoreng, dan makanan berlemak.

Sembelit terjadi karena pengeluaran tinja jarang terjadi (kurang dari tiga kali seminggu) sehingga menyebabkan tinja keras, kecil, dan sulit dikeluarkan. Hal ini dapat disebabkan kurangnya zat atau cairan dalam makanan, faktor medis seperti efek samping dari obat, dan akibat stress berlebih.

Usir pencernaan yang terganggu tersebut dengan lebih memperhatikan apa yang kita makan, usahakan untuk tidak stress dan juga jangan langsung tidur setelah makan. Jalan kaki selama 10 menit setelah makan sangat disarankan.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Resep Klappertart, Makanan Khas Manado yang Super Enak

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

Bagaimana Jika Visi Misi Suami Istri Berbeda?

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami