Tips Liburan Seru ala Backpacker

Single / 20 November 2012

Kalangan Sendiri

Tips Liburan Seru ala Backpacker

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6089

Liburan tentu menjadi sesuatu yang sangat dinanti oleh kebanyakan orang untuk rehat dari aktifitas dan rutinitas yang ada. Apalagi menjaga keseimbangan hidup dengan beristirahat merupakan salah satu karunia sekaligus bagian dari penciptaan. Jika kita punya banyak uang, tentu merencanakan liburan menjadi hal yang mudah. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengisi liburan yang menyenangkan namun low budget atau hemat biaya?

Berikut beberapa tips agar Anda bisa liburan tanpa menguras isi kantong atau yang dikenal dengan istilah backpackers :

Jaga Stamina.

Dari namanya sudah ketahuan kalau traveling ini murah meriah sambil menyandang tas ransel, bukannya menyeret koper mewah. Karena itu, sebagai backpacker, pastinya Anda harus kuat. Berhubung dana mesti dihemat, tidak ada istilah untuk menginap di hotel berbintang. Justru Anda mesti siap menginap di bandara bahkan di stasiun kereta api, dan barang Anda habis sekali bawa -mirip peserta reality show amazing race. Tidak hanya itu, pola makan sehat pun arus diterapkan. Berbagai vitamin dan suplemen tidak boleh lupa Anda konsumsi.

Jangan Manja.

Kalau Anda bermaksud backpacking, Anda memang dituntut untuk fleksibel. Situasinya bisa sangat berbeda, tidak seperti kalau Anda berlibur bersama keluarga. Tidak ada kasur empuk, bathtub lengkap dengan air hangat ataupun pendingin ruangan. Sebisa mungkin Anda bisa survive dan memanfaatkan alam sekelilingnya. Paulo Coelho, penulis buku Alchemyst, memberikan tip untuk para petualang: Jangan suka membanding-bandingkan! Anda jalan-jalan untuk rekreasi, memperluas wawasan dan mengenal orang dari berbagai penjuru dunia. Jadi, jangan bandingkan standar kebersihan, harga dan kualitas hisup mereka dengan Anda. Bersiaplah mengalami berbagai hal baru dan tidak biasa.

Yang Harus Anda Bawa.

Beberapa hal di bawah ini, merupakan perlengkapan-perlengkapan khusus ala backpackers yang Anda bawa serta dalam liburan Anda, seperti

  1. Jangan pakai celana jeans. Selain berat, celana ini susah kering ketika terkena hujan. Lebih baik pilih celana kain atau kargo.
  2. Bawa Peta dan kompas.
  3. Jangan lupa bawa kaos kaki ekstra, topi kupluk dan jas hujan dengan topi.
  4. Bawa minimal 2 pak tisu basah. Karena untuk mengejar waktu, kadang acara mandi Anda korbankan
  5. Bawa tas pinggang berisi dompet, ponsel, tisu, foto copy surat penting dan data-data yang Anda perlukan. Ransel besar hanya berisi benda-benda yang jarang Anda perlukan.
  6. Bungkus barang-barang penting serta kartu ATM, kartu kredit dan paspor dengan plastik.
  7. Siapkan obat-obatan, minimal minyak angin, vitamin, obat flu dan plester. Untuk Anda kaum wanita, jangan lupa untuk membawa pembalut.

Walaupun liburan atau istirahat adalah hal yang penting, namun yang harus selalu kita ingat adalah seluruh waktu kita adalah milik Tuhan. Jangan sampai karena terlalu asyik liburan kita melalaikan tugas pelayanan dan ibadah kita. Selamat berlibur!

 

Sumber : Buku The Naked Traveler ? Catatan Perjalanan Seorang Backpacker
Halaman :
1

Ikuti Kami