Makanan Pantang Bagi Penderita Maag

Gizi & Nutrisi / 20 November 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Pantang Bagi Penderita Maag

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
25057

Bagi masyarakat perkotaan tingkat stress dan kesibukan akan semakin bertambah menjelang akhir tahun. Hal ini sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit maag, karena bila mereka stress dan lupa makan karena kesibukan dan target pekerjaan maka otomatis lambung memproduksi asam begitu berlebihan.

Selain karena stress dan makan yang tidak teratur penyakit naiknya asam lambung dapat terjadi karena seseorang telah mengkonsumsi makanan berat dengan kadar asam tinggi.

Dengan demikian, setiap orang harus menghindari makanan yang sangat asam untuk mencegah asam lambung naik. Termasuk buah-buahan yang tinggi kadar vitamin C bisa menyebabkan asam lambung naik.

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari mereka yang menderita sakit maag:

1) Terlalu banyak makan makanan yang digoreng dan berlemak. Jenis makanan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan. Seperti daging kambing, sapi, domba, susu, hamburger atau hot dog.

2) Kurangi makan cokelat. Karena cokelat juga bersifat sangat asam.

3) Hindari minuman yang mengandung cafein, soda dan cola

4) Stop konsumsi obat yang melawan rasa sakit seperti aspirin/asetosal

5) Hindari makanan dengan tomat atau buah jeruk termasuk lemon dan jeruk nipis, karena mereka mengandung asam cukup tinggi.

6) Terlalu banyak bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada merah atau hitam, dan cabai bisa menyebabkan kondisi lebih parah.

7) Sayuran tertentu juga dapat menjadi penyebab asam lambung seperti kembang kol, kubis brussel, dan brokoli.


Sebenarnya semua makanan itu baik dan halal bila dikonsumsi tidak berlebihan dan bila kita tidak menjadi rakus atau pun pelahap. Namun bila kita sudah kena suatu penyakit maka hendaklah kita bijaksana sehingga disiplin untuk memilih makanan dan dalam mengatur pola makan yang baik dan sehat sehingga kita bisa panjang umur dan memuliakan TUHAN dengan tubuh dan kesehatan kita.

Sumber : berbagai sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami