Pentingnya Hari Perhentian

Pentingnya Hari Perhentian

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      3782
Show English Version

Keluaran 20:11

Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu142[/kitab]; [kitab]yohan19[/kitab]; [kitab]zakha4-6[/kitab]

 

Hari-hari ini banyak orang yang tertekan bahkan mengalami gangguan kesehatan baik secara fisik maupun kejiwaan. Salah satu penyebab semua hal itu adalah kurangnya pemahaman seseorang mengenai pentingnya hari perhentian.

Manusia akhir zaman begitu keras bekerja demi meraih kesuksesan maupun demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga pada hari libur mereka tetap memilih bekerja demi uang tambahan, atau ada beberapa orang yang tetap bekerja pada hari Sabtu maupun Minggu.

Bila kita memperhatikan kisah penciptaan, TUHAN memberikan teladan kepada umat manusia bahwa pada hari ketujuh atau sabat, Ia berhenti dari pekerjaan penciptaan dan Ia memberkati serta menguduskan hari ketujuh tersebut.

Itu artinya sebagai ciptaan, manusia bukan hanya perlu mengikuti apa yang telah dicontohkan TUHAN, melainkan TUHAN memang menciptakan sistem kehidupan yang luar biasa untuk manusia dan hewan peliharaannya agar bekerja selama 6 hari namun perlu berhenti bekerja atau istirahat selama satu hari dalam seminggu.([kitab]kelua23:12[/kitab])

Untuk sesaat, mungkin bekerja tanpa istirahat terlihat luar biasa hasilnya tetapi akhirnya akan nyata dampak negatifnya. Akibat buruk bukan saja terlihat pada penurunan hasil kerja, tetapi juga pada terjadinya keletihan fisik dan emosi.

Waktu untuk beristirahat tidak boleh dicuri dari kehidupan manusia, karena itulah cara Tuhan perintahkan agar sistem organ tubuh yang diciptakan oleh Allah tak menjadi kacau balau. Tanpa keseimbangan semuanya akan kacau, artinya kalau pun manusia terlalu banyak istirahat dan sedikit bekerja juga menimbulkan masalah.

Semua ketetapan TUHAN yang diberikan kepada manusia, termasuk berhenti bekerja pada hari Sabat, bertujuan demi kebaikan manusia.

Ikuti Kami