Lari Dari Panggilan

Kata Alkitab / 17 November 2012

Kalangan Sendiri

Lari Dari Panggilan

daniel.tanamal Official Writer
6432

Lari dari panggilan. Kita sering melakukan hal ini dalam berbagai kesempatan. Mungkin kita merasa kurang mampu, mungkin kita kurang percaya diri, mungkin kita merasa beban itu terlalu berat atau segudang alasan lainnya. Untuk menjawab panggilan memang tidak mudah. Seringkali kita harus meninggalkan zona kenyamanan kita bahkan mengorbankan sesuatu dan masuk ke dalam situasi sulit ketika kita memilih untuk patuh terhadap panggilan.

Tapi kita juga tidak boleh lupa bahwa sebuah panggilan bisa menjadi sebuah titik balik yang bisa mengubahkan hidup kita untuk menapak ke arah yang lebih baik. Apa yang harus kita lakukan ketika Tuhan memanggil kita untuk melakukan sesuatu? Menerima dengan sukacita atau malah lari? Apa yang diperintahkan Tuhan sungguh jelas.

Melarikan diri jelas bukan pilihan, karena biar bagaimanapun Tuhan akan memakai caraNya untuk menundukkan kekerasan orang-orang yang dipilihNya, baik dengan cara lembut maupun dengan didikan yang keras. Yunus mengalami hal itu. Yunus mendapatkan panggilan secara spesifik dari Tuhan. Namun dia lari dan mendapatkan bayarannya akibat pilihannya itu, berakhir di dalam perut ikan yang pasti berbau sangat busuk tiga hari lamanya.

Perlukah kita mengalami masalah terlebih dahulu untuk mau menuruti panggilan Tuhan? Haruskah kita terlebih dahulu diberi pelajaran untuk taat? Dari Yunus kita bisa belajar bahwa lari dari Tuhan bukanlah solusi. Lari dari panggilan Tuhan tidak akan membuat kita bebas dari perintahNya.

Yunus sudah melakukan hal yang keliru, dan ia pun sudah mendapatkan pelajaran. Jangan lari dari panggilanNya. Taatlah sejak awal ketika Tuhan menanamkan sesuatu dalam diri anda untuk dikerjakan. Find your calling and do it the best you can. Jangan sampai kita mengulangi kekeliruan Yunus terlebih dahulu untuk taat kepadaNya.



Sumber : renungan harian
Halaman :
1

Ikuti Kami