Lawan Kanker Payudara Dengan Kebahagiaan

Solusi Sehat / 15 November 2012

Kalangan Sendiri

Lawan Kanker Payudara Dengan Kebahagiaan

daniel.tanamal Official Writer
3689

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh oleh tim dari Kaiser Permanente di California, AS memperlihatkan bahwa wanita yang mendapat dukungan dan kebahagiaan dari teman, sahabat, suami, pasangan atau keluarga berpengaruh menekan kanker payudara yang dialaminya.

Penelitian yang melibatkan 2,264 wanita yang terdiagnosa kanker payudara itu antara lain menanyakan kepada para wanita mengenai hubungannya dengan suami, ibu yang masih hidup, saudara atau sahabat yang mendukung mereka. Jawaban para pasien itu diberikan dalam bentuk skor untuk merefleksikan kedekatan emosional yang dimilikinya.

"Kami menemukan bahwa wanita yang punya ikatan sosial lemah memiliki risiko kematian lebih besar dibanding dengan mereka yang mendapat dukungan emosional dari orang-orang yang menyayanginya," kata ketua peneliti Dr.Candyce Kroenke. 

Candyce menambahkan juga bahwa kualitas dari hubungan tersebut begitu penting ketimbang jumlah teman atau anggota keluarga. Bahkan wanita yang tidak dekat secara emosi dengan keluarga atau temannya tapi aktif dalam komunitas juga memiliki usia harapan hidup lebih tinggi.

 

 


 

Sumber : Dailymail
Halaman :
1

Ikuti Kami