Berpadanan dengan Panggilan

Berpadanan dengan Panggilan

Lois Official Writer
      3841

Efesus 4:1

“Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.”

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu136[/kitab]; [kitab]Yohan13[/kitab]; [kitab]Ratap4-5[/kitab]

 

Abraham dipanggil untuk keluar dari tanah kelahirannya ke tanah perjanjian yang sudah Tuhan berikan. Dia mengikuti perintah Tuhan dan pergi bersama istri serta seluruh kepunyaannya. Nuh pun mengikuti panggilannya dengan membuat perahu, meskipun kelihatannya mustahil karena saat itu tidak hujan dan sepertinya tidak ada sesuatu yang dapat menyebabkan banjir.

Daud, Yesaya, Yeremia, Yakub, Yunus meskipun sempat menentang, Yusuf, mereka semua melakukan hal yang sama. Esther, Ruth, Hana, bahkan Maria juga merupakan wanita-wanita yang melakukan panggilannya. Mereka semua adalah para pahlawan di dalam Alkitab dan tentu saja pahlawan semasa hidup mereka dengan menciptakan sejarah yang luar biasa yang bisa kita baca sekarang.

Paulus memberikan ‘resep’ bagaimana kita dapat melakukan panggilan yang Tuhan taruh di dalam hati kita. Kalau dengan kekuatan sendiri, tentu kita tidak sanggup. Di dalam penjara, Paulus bahkan memberikan wejangan. “Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.”

Hidup yang berpadanan dengan panggilan, mungkin tidak mudah. Paulus banyak mengalami penderitaan dan di penjara. Petrus bahkan harus mati sama seperti Yesus, Stefanus dirajam, Abraham harus mengalami penderitaan saat sepertinya Tuhan ingin mengambil anaknya, Yusuf apalagi, begitu juga Nuh yang harus bekerja keras untuk membuat perahu sesuai yang diwahyukan Tuhan, Ayub pun menderita karena kesalehannya.

Tapi ketika itu yang menjadi panggilan kita, Tuhan akan memampukan. Tuhan akan memberikan kita kekuatan dan hidup kita akan terus berubah. Berubahlah juga melalui pembaharuan budi kita agar kita makin serupa dengan-Nya.

 

Berpadananlah hidupmu sesuai dengan panggilan yang Tuhan berikan kepada kita. Caranya mudah, jadilah serupa dengan-Nya setiap waktu dengan selalu memperbaharui akal budi kita.

Ikuti Kami