Presiden Ini Tangkap Anaknya Karena Penipuan

Nasional / 13 November 2012

Kalangan Sendiri

Presiden Ini Tangkap Anaknya Karena Penipuan

daniel.tanamal Official Writer
2641

Ketegasan seorang pemimpin sekelas presiden negara kadang sirna jika harus berhadapan dengan masalah keluarganya sendiri. Namun presiden Republik Afrika Tengah Francois Bozize bertindak tanpa pandang bulu dalam nenegakan hukum.

Mendapat laporan bahwa salah satu anak kandungnya bernama Kevin Bozize terlibat penipuan, Francois segera memerintahkan aparat kepolisian untuk melakukan penahanan terhadap anaknya. Kevin sendiri dilaporkan melakukan tindakan penipuan dengan menolak membayar tagihan senilai 12.000 euro atau sekitar Rp 146,6 juta dari sebuah hotel di Bangui, ibu kota negara tersebut. 

”Setelah mendapat informasi dari situasi tersebut, ayahnya (Francois) memanggil anaknya dan manajer hotel tersebut. Di depan manajer itu, dia (Kevin) mengaku memang telah tinggal di Ledger Plaza Hotel selama beberapa hari. Namun, Kevin berkilah jika dia telah membayar semua tagihan yang ditujukan atas namanya,” ungkap sebuah sumber.

Awalnya sang manajer hotel ikut ditahan karena diduga terlibat persekongkolan dengan Kevin untuk menipu atasannya. Namun fakta penyelidikan memperlihatkan bahwa sang manajer hotel tidakberslah dan segera dibebaskan. Francois sendiri dilapokan telah mengutarakan bahwa dirinya menyadari banyaknya tokoh lain, terutama perwira militer, yang sering memanfaatkan posisi mereka secara arogan untuk mendapat kemewahan dari hotel dan tempat hiburan lain, tetapi enggan membayarnya.

Karena itu dirinya menginstruksikan proses hukum yang adil dan mempersilakan jika anaknya akhirnya diajukan ke pengadilan. Francois dikenal tegas dan berani untuk mengambil tindakan hukum terhadap pihak yang selalu merugikan negara. Termasuk juga seruan kepada semua perwira militer yang memiliki banyak utang untuk segera membayar tagihan mereka, dengan ancaman pengadilan dan penjara jika tidak menepatinya.

Ketegasan dan keberanian adalah bentuk integritas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan wajib diteladani oleh semua orang. Dengan sikap seperti itu, setiap hukum dapat ditegakkan dan sistem didalam negara akan berjalan secara sempurna tanpa adanya gangguan yang mengintai.

 

 


Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami