Chemo-bath, Metode Teranyar Mengatasi Kanker

Solusi Sehat / 13 November 2012

Kalangan Sendiri

Chemo-bath, Metode Teranyar Mengatasi Kanker

Budhi Marpaung Official Writer
3876

Dunia kedokteran kini menemukan cara terbaru untuk mengobati kanker. Para peneliti dunia medis di Inggris menyebutnya chemo-bath, sebuah metode untuk mengatasi penyakit yang cukup banyak membunuh manusia di dunia dari masa ke masa tersebut.   

Melalui metode ini maka obat kanker diarahkan kepada salah satu organ tubuh saja sehingga bisa mencegah efek samping.

Seperti dilansir waspada online, metode ini telah dipraktikkan langsung oleh para dokter Rumah Sakit Umum Southampton kepada dua pasien penderita kanker hati.

Dua pasien yang namanya tidak disebutkan ini dioperasi dengan chemo-bath dimana sebuah balon dipompakan ke pembuluh darah di kedua sisi hati untuk menutupnya dari bagian tubuh lain.

Hati yang sudah diisolasi itu kemudian mendapat obat kemoterapi, yang selanjutnya disaring sebelum hati dihubungkan kembali dengan pasokan darah utama. Lewat cara ini hanya sebagian kecil dosis obat yang menyebar ke bagian tubuh lain.

Dr Brian Stedman -salah seorang konsultan radiologis yang ikut dalam pengobatan- mengatakan operasi berlangsung dalam waktu tiga bulan terakhir dan kedua pasien berada dalam keadaan baik dengan tumor yang tampak lebih kecil.

"Memutus sebuah organ dari tubuh selama 60 menit, membanjirinya dengan dosis tinggi obat dan menyaring darah menjadi nyaris bersih sama sekali sebelum dikembalikan merupakan sebuah terobosan," ujar Stedman.

"Sebelumnya, kondisi para pasien -yang khususnya menderita kanker yang sudah menyebar ke hati- amat buruk karena standar dampak kemoterapi terbatasi oleh kerusakan yang tidak diinginkan yang diakibatkan obat ke bagian tubuh lain."

Dr Stedman menambahkan chemo-bath bisa digunakan untuk semua organ bisa yang bisa dipisahkan dari pasokan darah seperti ginjal, paru-paru, dan pankreas.

Hanya saja, Stedman mengakui bahwa metode ini masih dalam tahap awal dan dirinya tidak bisa memastikan apakah chemo-bath sudah sebagai 'produk akhir' atau masih akan akan berkembang lagi.

Selain di Inggris, chemo-bath sudah diterapkan dalam tahap uji coba di Amerika Serikat dan beberapa kawasan Eropa lainnya.

Baca juga :

Kisah Nyata Suami-Istri yang Harus Kehilangan Anak Selamanya

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Kopdar November 2012 (Persiapan Baksos)

Teaching, Rabu (7/11) : Ester, Sang Pahlawan

Chord Lagu, Jumat (9/11) : Pantang Mundur

Sumber : waspada.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami