Pahlawan Tanpa Muka

Pahlawan Tanpa Muka

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      2972

Lukas 22 : 32

Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu."

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu132[/kitab]; [kitab]Yohan9[/kitab]; [kitab]Yerem40-42[/kitab]

 

Dapatkah Anda membayangkan apa jadinya Paulus pahlawan bagi orang-orang kafir tanpa Barnabas atau Ester pahlawan Israel tanpa Mordekhai? Dapatkah mereka menjadi seperti yang kita kenal saat ini? Sudah pasti jawabannya ”belum tentu.”

Sejarah menuliskan dibelakang setiap para pemimpin maupun pejuang besar berdiri seseorang yg melalui hidupnya, mengajar, memberi instruksi serta menjadi teladan bagi mereka. Perhatikan  contoh-contoh di bawah ini:

  • Dibelakang Martin Luther ada seseorang yang bernama Johann Von Staupitz, seorang profesor dari Universitas Wittenberg. Pada waktu Luther menjadi pendeta, Staupitz-lah yang menjadi pembimbing rohani sekaligus pemimpinnya didalam pelayanan itu. Ujarnya, “Kalau bukan karena Staupitz, saya sudah terdampar di neraka. Staupitz mengajar Luther mengenai kasih karunia Allah dan mendorong Luther untuk sekolah Alkitab.
  • Dibelakang John Calvin ada seseorang bernama William Farel, yang mendorong Calvin untuk berani dan hidup sungguh-sungguh untuk Tuhan. Pada waktu Calvin sakit keras, Farel yang juga sedang sakit pergi mengunjungi Calvin untuk memberi semangat agar jangan menyerah dalam kelemahannya.
  • Dibelakang John Wesley ada seseorang yang bernama Peter Boehler, dari pelayanan Moravian, yang dengan sepenuh hati membimbing Wesley pada bidang-bidang yang merupakan kelemahannya. Melalui pelayanan di pertemuan tengah minggu yang diadakan oleh Boehler, hati Wesley dikobarkan kembali.
  • Dibelakang William Carey ada Andrew Fuller yang adalah mentor, pendukung, juga orang yang senantiasa memberi dorongan, keduanya dibakar oleh kebenaran akan firman Tuhan yang membawa mereka pada pelayanan yang dahsyat. Termotivasi oleh semangat penginjilan Fuller, mendorong Carey untuk melayani mereka yang tinggal ditempat-tempat yang terpencil, jauh dari tempat mereka tinggal. Hal ini akhirnya yang membawa William Carey ke India.

Bukan suatu kebetulan kalau hari ini adalah Hari Pahlawan, karena itu ada dua pertanyaan yang ditujukan bagi kita semua yang mengaku cinta Indonesia: “Coba ingat siapakah yang berdiri dibelakang Anda hingga Anda menjadi seperti sekarang ini?" Jika sudah berhasil menyebutkan nama-nama tersebut, jawab pertanyaan kedua: "Maukah Anda juga berdiri mendukung orang lain sehingga mereka menjadi kuat, bahagia dan berhasil seperti Anda bahkan  lebih dari Anda?”

Karena itu janganlah keburu masuk liang kubur bila Anda belum bermanfaat bagi orang lain, setidaknya ada satu orang yang telah Anda ubahkan menjadi seorang pahlawan

Ikuti Kami