Berbagai Penyebab Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Fit & Charming / 2 November 2012

Kalangan Sendiri

Berbagai Penyebab Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Lois Official Writer
6310

Mendengkur adalah suara yang dihasilkan saat seseorang bernafas (biasanya dihasilkan ketika menarik napas) selama dia tidur. Hal ini menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan uvula (benda yang menggantung di bagian belakang tenggorokan). Apabila seseorang mendengkur itu bisa jadi salah satu gangguan yang serius pada tubuh. Temukan gangguan apa yang menyebabkan kita mendengkur dan ada beberapa solusi yang bisa dipakai seperti yang dirilis oleh Askmen :

Gaya Hidup

Ternyata gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kita mendengkur. Coba periksa apakah gaya hidup kita sehat atau tidak dan ubahlah gaya hidup kita tersebut menjadi lebih baik.

Kelebihan Berat Badan

Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan tiroid sehingga berkontribusi terhadap mendengkur. Dengan menurunkan berat badan dapat mengatasi dengkuran yang terjadi.

Merokok

Selain rokok punya dampak buruk bagi jantung, rokok juga dapat menghalangi jalan napas, pembengkakan selaput lendir di hidung, pembengkakan jaringan di tenggorokan dan penyumbatan kecil di paru-paru. Berhentilah merokok jika ingin mengatasi dengkuran yang terjadi.

Konsumsi Alkohol

Para peminum alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan relaksasi saluran napas selama tidur serta membuat suara dengkuran semakin keras.

Ada Masalah Medis

Gangguan medis apapun yang menyebabkan penyumbatan hidung, tenggorokan atau paru berpotensi menyebabkan dengkuran. Selain itu adanya gejala diabetes atau hipotiroid pun berpotensi menyebabkan dengkuran sehingga tentu saja untuk mengobati dengkuran tersebut yaitu dengan mengobati masalah medis itu sendiri.

Pola Tidur Tidak Stabil

Kebiasaan tidur yang tidak seimbang dapat menyebabkan perkembangan ketidakstabilan pernapasan yang signifikan saat tidur sehingga memicu dengkuran. Untuk itu usahakan pola tidur yang teratur dan tidak tidak terbangun beberapa kali saat tidur malam.

Cobalah uji beberapa hal di atas jika Anda mengalaminya. Salah satunya pasti penyebab dengkur terbesar. Dengan mengatasi dengkur, tentunya pasangan hidup Anda tidak terganggu dan tubuh pun menjadi lebih sehat dan fit.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami