Menghormati Sebuah Anugrah

Menghormati Sebuah Anugrah

Puji Astuti Official Writer
      4021

1 Petrus 1:13

Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu124[/kitab] ; [kitab]IITaw36:11-21[/kitab] ; [kitab]Yerem27[/kitab]

Bayangkan Anda sedang diundang makan ke rumah sahabat Anda, setelah selesai maka dan mendengarkan musik serta berbincang sebentar akhirnya Anda berdiri dan bersiap pulang. Tetapi sebelum pulang, Anda masukkan tangan ke saku serta mengeluarkan dompet lalu bertanya :

“Jadi, berapa harus saya bayar ke kamu untuk makan malam ini?”

Pasti sahabat Anda akan sangat marah dan merasa terhina dengan sikap Anda tersebut. Anda tidak akan melakukan hal ini saat diundang makan oleh seorang sahabat bukan.

Bukankah ini aneh, tetapi kenyataannya banyak orang merasa harus membayar sesuatu kepada Tuhan atas anugrah keselamatan yang mereka terima. Lucunya mereka berharap Tuhan tersenyum bahkan merasa berterima kasih ketika mereka mencoba membayar kebaikan Tuhan dan keselamatan yang Ia berikan.

Rasul Paulus berkata bahwa semua orang telah berdosa dan “Oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus” [kitab]0roma3:23-24[/kitab].  Jadi kita dibenarkan oleh penebusan Kristus secara gratis atau cuma-cuma, bukan karena perbuatan baik atau ibadah kita.

Semua yang kita lakukan bukanlah supaya kita selamat, karena usaha kita untuk selamat sia-sia belaka. Kita hanya akan diselamatkan dari maut  saat menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita. Dan tujuan dari perbuatan baik dan ibadah kita adalah untuk mempermuliakan Tuhan.

Karena keselamatan itu anugrah Tuhan, mari hormati dan hargai pemberian tersebut sebagaimana mestinya.

Ikuti Kami