Berlari Dalam Perlombaan Hidup

Kata Alkitab / 2 November 2012

Kalangan Sendiri

Berlari Dalam Perlombaan Hidup

Puji Astuti Official Writer
5161

[kitab]Ikori9:24-27[/kitab]

Dalam [kitab]IKori9[/kitab] Paulus membicarakan tentang games-nya orang Korintus yang pada waktu itu merupakan event olahraga terpenting kedua setelah Olympiade.

Dari situ kita bisa memahami 4 prinsip untuk bisa menang dalam kehidupan ini:

1. Perlu KEINGINAN KUAT

Kalau kita saksikan wawancara dengan para atlet maka ada satu faktor yang sama, tidak peduli mereka dari negara mana saja: mereka punya keinginan kuat untuk unggul/excel.

[kitab]IKori9:24[/kitab] … Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!

Berusahalah meraih emas! Berusahalah meraih kemenangan! Larilah untuk menang! Miliki passion/semangat untuk membuat hidup Saudara berdampak! Hidup tanpa semangat adalah hidup yang disia-siakan.

Kalau Saudara ingin sukses dalam hidup ini maka pertama-tama Saudara perlu bertanya pada diri sendiri, “Apa yang sebenarnya paling aku ingini dalam hidup ini? Segala sesuatu dalam hidup ini dimulai dari keinginan. Saudara perlu mengingini impian Tuhan akan hidup Saudara.

2. Perlu ARAH

[kitab]IKori9:26[/kitab] Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan …

Sedihnya, kebanyakan orang justru melakukan sebaliknya. Banyak orang tidak pernah membuat jelas apa sebenarnya yang ingin mereka capai dalam hidup ini. Kalau kita mengendarai mobil seperti kebanyakan orang merencanakan kehidupan, kita tidak akan sampai ke mana-mana! Kalau Saudara ingin hidup Saudara memiliki dampak maka Saudara harus menentukan arahnya. Apa focus kehidupan Saudara? Saudara akan bergerak ke arah apa yang menjadi focus Saudara.

3. Perlu DISIPLIN!

[kitab]IKori9:25[/kitab] tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

Kata “menguasai diri” = disiplin atau penyangkalan diri. Dua kata yang tidak populer dalam kebudayaan kita. Kita ingin segala sesuatunya serba mudah. Kita ingin langsing tanpa olahraga. Kita ingin kaya tanpa kerja keras. Kita ingin sukses tanpa pengorbanan. Kita ingin bertumbuh secara rohani tanpa melayani. Jawaban untuk semuanya adalah : mustahil!

Jutaan orang yang punya talenta besar menyia-nyiakan hidup mereka karena mereka tidak punya disiplin pribadi. Kebiasaan/habits yang Saudara bangun hari ini akan menentukan masa depan Saudara. Disiplin adalah kata kunci untuk mengubah kemampuan menjadi pencapaian.

4. Perlu DETERMINASI

[kitab]ibran12:1-3[/kitab]

Keteguhan hati adalah hal yang keempat yang dibutuhkan kalau ingin menang dalam hidup ini. Orang-orang besar adalah orang-orang biasa tetapi memiliki determinasi yang luar biasa. Banyak orang menyerah terlalu awal.

Suatu saat kita semua akan berdiri di hadapan Tuhan. Apakah kita akan bisa berkata, “Tuhan, aku telah menyelesaikan perlombaan yang Engkau wajibkan bagiku di dunia. Aku telah melakukan apa yang Engkau minta untukkulakukan.” Hal terpenting bukan “di sini” dan “sekarang ini.” Tetapi berdiri di hadapan Tuhan dan berkata, “Tuhan aku telah mengerjakan persis seperti apa yang Engkau minta untuk aku kerjakan dalam hidup ini. Engkau memberiku keinginan. Aku menunggu arahan. Engkau memberiku kekuatan untuk disiplin. Aku tidak menyerah.” Itulah sukses! Memperoleh suatu mahkota yang abadi -
[kitab]IKori9:25[/kitab]

Pdt. Daniel P Martono

Sumber : Gpdi Lippo Cikarang
Halaman :
1

Ikuti Kami