FRANKENWEENIE, Ajarkan Anak Arti Sebuah Kematian

Film Review / 1 November 2012

Kalangan Sendiri

FRANKENWEENIE, Ajarkan Anak Arti Sebuah Kematian

Puji Astuti Official Writer
4241

Jelang Halloween, bioskop terutama di Amerika selalu dihiasi dengan film-film yang berbau horror, seperti drakula, kematian atau bahkan zombie. Tema itu pun tanpa pengecualian, bahkan film-film kartun yang dikonsumsi anak-anak tak lepas dengan nuansa seram ini, salah satunya adalah FRANKENWEENIE.

Film FRANKENWEENIE  adalah garapan Tim Burton, sutradara dari trilogy Batman, Alice in Wonderland dan beberapa film animasi bernuansa Halloween seperti The Nightmare Before Christmas dan Beetlejuice. Burton yang menggarap animasi sejak muda, menghadirkan FRANKENWEENIE dengan tampilan unik, warna hitam putih dalam film ini membuat suasana kelam begitu kuat.

Walau demikian, FRANKENWEENIE bertutur dengan baik dan membuat sebuah jalan bagi orangtua untuk mengajarkan anak tentang arti sebuah kematian (untuk itu orangtua wajib mendampingi buah hatinya saat menonton film ini).

Tokoh sentral di film ini adalah Victor dan anjingnya Sparky. Victor adalah seorang anak yang pandai dan sangat sayang kepada anjingnya, sayangnya Victor kurang bergaul dengan teman-temannya dan lebih suka sibuk membuat percobaan atau membuat film bersama Sparky.

Orangtua Victor, terutama ayahnya kuatir dengannya. Untuk itu ayahnya mendorong Victor untuk bergabung dengan tim baseball, sayangnya saat pertandingan sebuah kecelakaan terjadi dan menewaskan Sparky, anjing kesayangan Victor.

Kesedihan mendalam membuat Victor tidak bisa menerima kepergian Sparky. Ia pun terinspirasi dengan pelajaran yang diberikan guru ilmu alamnya, Mr Rzykruski bagaimana listrik membuat syaraf  binatang yang telah mati bereaksi. Ia pun melakukan eksperimen untuk membangkitkan Sparky, namun eksperimennya itu berujung kepada malapetaka yang memporakporandakan seluruh kota.

Apakah Sparky berhasil di bangkitkan, dan apa yang membuat percobaan Victor menjadi sebuah bencana? Anda harus temukan jawabannya dengan menonton film ini.

Pesan yang penting dalam film ini adalah mengajar anak-anak untuk mengerti arti kematian dan belajar merelakan mereka yang telah meninggal, baik binatang kesayangan maupun orang yang mereka kasihi. Salah satu pesan penting dalam film ini disampaikan melalui sebuah wejangan yang diberikan oleh Mr Rzykruski kepada Victor, bahwa ilmu pengetahuan bukan hanya tentang kepandaian tetapi juga harus dikerjakan dengan cinta, karena cinta itulah yang membuat hasil karyanya itu berbeda.

Sebagai sebuah film yang bernuansa kelam, film ini bisa dikatakan cukup positif. Tetapi jika dikonsumsi oleh anak-anak perlu bimbingan orangtua sehingga mereka mengerti apa arti kematian sesungguhnya, dan bahwa dalam kehidupan nyata mereka yang telah mati tidak bisa dibangkitkan kembali dengan ilmu pengetahuan. Karena yang berkuasa atas kehidupan dan kematian hanyalah Tuhan, yang dibuktikan dengan kebangkitan Yesus dari antara orang mati.

Title : FRANKENWEENIE

Starring: The Voices of Winona Ryder, Catherine O’Hare, Martin Landau, Charlie Tahan, Christopher Lee, Atticus Shaffer

Genre: Comedy

Audience: Older children to adults

Rating: PG

Runtime: 87 minutes

Distributor: Walt Disney Pictures/Walt Disney Company

Director: Tim Burton

Producer: Tim Burton, Allison Abbate

Writer: John August, Leonard Ripps

<object width="400" height="309" data="http://www.jawaban.com/news/userfile/videofile/mediaplayer.swf" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami