Toilet Jadi Syarat Pernikahan di India

Nasional / 28 October 2012

Kalangan Sendiri

Toilet Jadi Syarat Pernikahan di India

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3181

Fakta unik mengenai India adalah, warga negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia itu lebih memilih membeli ponsel daripada membangun toilet. Menurut sensus tahun 2011, sebanyak 75 persen dari 1,2 miliar penduduk India memiliki ponsel namun hanya 50 persen rumah tangga India memiliki toilet permanen di kediaman mereka dan hanya 11 persen yang toiletnya tersambung dengan sistem saluran pembuangan.

Untuk mengubah keadaan tersebut, pemerintah India melalui Menteri Pembangunan Desa, Jairam Ramesh menghimbau agar orangtua tidak menikahkan anak perempuan mereka jika calon menantu mereka tidak menyediakan toilet di kediamannya.

"Anda juga harus memeriksa apakah ada toilet di kediaman calon menantu sebelum memutuskan pernikahan. Jangan menikah dengan pria yang tak memiliki toilet di kediamannya," kata Ramesh kepada penduduk desa di Rajashtan.

Ramesh memang terkenal dengan pernyataannya yang penuh kontrafersi. Sebelumnya ia pernah menyampaikan bahwa India punya lebih banyak kuil Hindu dibanding toilet, ia juga menjuluki India sebagai toilet terbuka terbesar di dunia. Menurutnya, 60 persen orang yang melakukan hajatnya di ruang terbuka tinggal di India.

Buang hajat di tempat terbuka masih banyak dilakukan warga pedesaan India. Selain tidak sehat dan tidak etis, kebiasaan kini meningkatkan angka perkosaan, terutama saat para perempuan itu mencari tempat tertutup untuk keperluan hajatnya itu. Pemerintah harus gencar melakukan pendekatan terhadap warganya agar hal ini tidak terus berlarut.

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami