Satu Lagi Terobosan Baru Jokowi & Ahok: Rusun Gratis di Atas Pasar

Nasional / 25 October 2012

Kalangan Sendiri

Satu Lagi Terobosan Baru Jokowi & Ahok: Rusun Gratis di Atas Pasar

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2963

Setelah mempunyai konsep membangun apartemen terpadu dengan biaya sewa murah di tengah kota, Pemprov DKI juga berencana membangun rumah susun di atas pasar yang diperuntukkan bagi pedagang pasar.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan perumahan yang dibangun di atas pasar tersebut mempunyai konsep menjulang ke atas seperti semi apartemen. Rumah itu nantinya diperuntukkan bagi pedagang tradisional yang biasa berdagang di sana.

"Rumah itu kami kasih gratis untuk pedagang dan tidak diperjualbelikan untuk umum. Pedagang hanya dikutip biaya retribusi harian," ujar Basuki, Rabu (24/10/2012) di Balai Kota.

Basuki menuturkan pasar tradisional yang dibangun rumah tersebut tidak akan digusur. Menurutnya dibangunnya rumah diatas pasar bertujuan agar para pedagang tidak menghabiskan biaya transportasi dari tempat tinggalnya saat ini menuju pasar.

"Kami punya rencana rumah-rumah itu bakal dibangun di semua pasar tradisional. Sekarang baru fokus di kawasan Pasar Rumput. Kami harap akhir tahun ini sudah bisa dimulai," jelasnya.

Basuki menambahkan, di rumah susun terpadu tersebut juga akan dibangun puskesmas yang mampu melayani sekitar 3.000 warga. Dekatnya pusat ekonomi dan pelayanan kesehatan, akan membuat warga tak perlu mengeluarkan banyak ongkos untuk transportasi.

Sumber : tribunnews.com / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami