Harta Karun Yang Tersembunyi Dari Kitab Ayub

Harta Karun Yang Tersembunyi Dari Kitab Ayub

Lestari99 Official Writer
6496

Astrofisikawan dan penulis Dr. Hugh Ross mengatakan banyak hal yang digali dari kitab Ayub dibanding kitab lainnya. Penggalian fakta ini terutama berfokus pada penderitaan Ayub dan providensia Tuhan namun tak satupun dari kedua hal ini yang mengeksplorasi pembicaraan Ayub tentang penciptaan. Ayub merupakan kitab tertua dari Alkitab dan mendahului penulisan kitab Kejadian sekitar 500-600 tahun sebelumnya.

Dr Ross berfokus pada konten ilmiah yang terhubung dengan Ayub, dan yang ditemukan olehnya ialah bahwa kitab ini memiliki informasi paling komprehensif mengenai penciptaan dan ilmu pengetahuan. Saat ia melanjutkan penelitiannya, ia menemukan harta yang tersembunyi dalam kitab Ayub. Ia menemukan hubungan antara kisah Alkitab dengan sejarah alam. Ia juga menemukan penekanan Ayub akan hewan tingkat tinggi yang dirancang untuk mengajarkan kita tentang Allah dan diri kita sendiri, yang diduganya sebagai perkiraan pemanasan global dan kegelapan kosmik.

Dr Ross merasa bahwa Ayub merupakan sumber terlupakan dari apologetika berbasis ilmu pengetahuan dan berharap orang Kristen mempertimbangkan konten penciptaan dan ilmu pengetahuan dalam Ayub untuk membantu menjawab pertanyaan mereka mengenai iman Kristen, memulihkan perpecahan dalam gereja, dan menantang mereka yang di luar Kristen dengan bukti alkitabiah yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Penciptaan Dan Jiwa Binatang

Kitab Ayub menunjukkan banyaknya kesalahan dalam ide Darwin. Kejadian 1 menjelaskan tiga asal yang berbeda dari kehidupan bumi: kehidupan yang bersifat fisik (tanaman dan serangga), kehidupan yang bersifat fisik dan jiwa (burung, mamalia dan reptil), serta kehidupan yang bersifat fisik, jiwa dan roh (hanya manusia). Ayub juga memberikan informasi penting mengenai tiga bagian bentuk kehidupan ini, bagaimana Tuhan merancang mereka, dan bagaimana mereka saling terhubung satu sama lain. Kejadian 1 juga mengacu pada kategori fisik dan jiwa yang disebut sebagai nepesh dalam bahasa Ibrani. Ini adalah kata yang digunakan untuk ciptaan yang memiliki ‘jiwa’, atau binatang dengan kapasitas pemikiran, pilihan dan perasaan yang terbatas, namun tanpa kualitas roh yang dimiliki manusia. Ayub menunjukkan bagaimana hewan dengan tingkat lebih tinggi ini terhubung dengan manusia dan bagaimana Tuhan memberikan kapasitas unik kepada setiap binatang berjiwa ini untuk melayani dan menyenangkan manusia dengan cara mereka masing-masing. Sepuluh jenis hewan (singa, burung gagak, kambing, rusa, keledai, sapi liar,burung unta, kuda, elang dan rajawali) ditunjukkan untuk membantu dalam peluncuran peradaban dan mempertahankan keberadaan manusia hingga hari ini. Ada beberapa pelajaran yang dapat dipelajari manusia dari mengamati dan berhubungan dengan binatang.

Pelajaran Dari Binatang                     

Ayub 12 mengatakan untuk melihat kepada binatang dan mereka akan mengajar Anda. Berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat kita pelajari dari binatang:

*Hewan akan melakukan apa yang biasanya tidak mereka lakukan di habitat alami mereka. Ketika kita mengembangkan hubungan yang kuat dengan Allah, kita akan naik kepada kesempatan lain dan mencapai apa tidak akan kita capai secara normal.

*Kita diciptakan untuk melayani Tuhan, namun dosa menyebabkan kita lari dari Tuhan. Sama halnya dosa menjadi penyebab binatang menjauh dari manusia.

*Sama halnya dengan binatang dapat membangun ikatan yang kuat dengan manusia, kita juga dapat membangun ikatan yang kuat dengan Tuhan.

*Setiap spesies binatang diciptakan untuk suatu tujuan yang spesifik. Dan ini sama dengan manusia.

Dr Ross sangat mencintai hiking. Di awal usia 20an, ia ingin melakukan suatu percobaan. Ia memilih daerah dimana binatang tidak pernah melakukan kontak dengan manusia, yaitu di suatu daerah terpencil di Kanada. Setelah beberapa waktu, binatang mendekati dirinya dan berinteraksi dengannya, Para binatang itu tidak menunjukkan rasa takut. Dr Ross menyimpulkan bahwa inilah yang sebenarnya ditetapkan Tuhan pada awalnya sebelum dosa hadir di dunia.

 

Judul             : Harta Karun Yang Tersembunyi Dalam Kitab Ayub
Penulis          : Hugh Ross
Penerbit        : Light Publishing
Terbit            : September 2012

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : cbn.com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami