Metromini dan Kopaja Segera Diremajakan

Nasional / 19 October 2012

Kalangan Sendiri

Metromini dan Kopaja Segera Diremajakan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3197

Dinas Perhubungan DKI Jakarta nampaknya mengikuti jejak gubernur DKI, Joko Widodo yang tidak mau menunda waktu. Setelah sidak yang dilakukan Jokowi, Dishub langsung menyiapkan 2 rencana kerja, yakni penyusunan anggaran dan pembinaan operator angkutan umum khususnya Kopaja dan Metro Mini.

"Kami menyusun anggaran hibah pengadaan bus untuk tahun 2013 dan membina badan usaha operator angkutan umum," kata Kadis Perhubungan Udar Pristono, seperti dikutip dari Detik, pada Jumat (19/10).

Menurut Udar, ada sejumlah syarat bagi penerima hibah bus ini. Operator bus harus mempunyai badan hukum yang sehat. Artinya, badan hukum wadah bus itu harus memiliki sarana berupa kendaraan, prasarana berupa kepemilikan pool bus serta badan usaha operator angkutan umum. "Gubernur akan bantu sarana dengan menghibahkan bus, dengan syarat yang sudah disusun," jelasnya. 

Pematangan rencana ini dilakukan pasca sidak Jokowi ke Terminal Kampung Melayu, Jaktim, 17 Oktober. Jokowi prihatin dengan kondisi angkutan umum yang tidak layak beroperasi.

"Setelah Pak Gubernur meninjau terminal, menemui sopir tembak, sopir tanpa seragam dan bagian bus seperti joknya yang sudah tidak layak. Nah pelayanan yang buruk ini terjadi karena operator tidak memiliki 3 syarat itu, sarana, prasarana dan manajemen. Ini yang harus dibenahi," ujar Pristono.

Sinergi antara Gubernur dan Dishub menjadi awal yang baik untuk perubahan Jakarta. Apalagi jika wacana peremajaan angkutan umum ini juga didukung oleh para pengelola angkutan umum, tentu angkutan umum akan menjadi lebih nyaman. 

Sumber : detik/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami