Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Di Perumahan Warga

Nasional / 16 October 2012

Kalangan Sendiri

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Di Perumahan Warga

Lestari99 Official Writer
5027

Pesawat tempur milik TNI AU Pekanbaru, jatuh di halaman Panti Asuhan Jalan Amal, Pandau Jaya, Siak Hulu, Kampar, Selasa (16/10) sekitar pukul 09.30 WIB. Pesawat berjenis Hawk 200 buatan British Aerospace Inggris ini sedang melakukan latihan rutin dan diberitakan sempat oleng sebelum jatuh.

Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus dalam wawancara dengan Metro TV mengungkapkan bahwa pesawat ini diawaki oleh Letna Dua Penerbang Reza Yori Prasetyo. Sang pilot dikabarkan selamat karena berhasil keluar menggunakan kursi lontar sebelum pesawat jatuh.

Saat ini area lokasi jatuhnya pesawat telah disterilisasi dari warga masyarakat yang ingin melihat dan wartawan yang hendak meliput. Personel TNI tampak berjaga-jaga dan mengusir warga yang berdatangan ke lokasi.

Diduga kerusakan mesin menjadi penyebab jatuhnya pesawat tempur milik Skuadron Udara 12 Black Panther yang bermarkas di Lanud Pekanbaru. Namun hingga saat ini pihak TNI AU Pekanbaru belum dapat dikonfirmasi. 

Insiden ini kembali memunculkan ingatan kita kepada beberapa peristiwa jatuhnya pesawat militer termasuk pesawat Fokker 27 yang juga jatuh di pemukiman dan menewaskan 11 orang di Halim Perdanakusuma bulan Juni lalu. Jika sudah seperti ini, seharusnya pihak TNI AU melakukan perombakan besar-besaran terhadap sistem perawatan pesawat-pesawatnya agar insiden seperti ini tidak terus terjadi.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Berbagai Sumber / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami