Sumpah Jokowi-Ahok Kepada Tuhan Saat Pelantikan

Sumpah Jokowi-Ahok Kepada Tuhan Saat Pelantikan

Lois Official Writer
5354

Acara pelantikan Jokowi-Ahok berisikan sumpah yang mereka katakan di dalam iman mereka masing-masing dimana Jokowi bersumpah di atas Al Quran dan Ahok bersumpah di atas Alkitab. Sumpah yang mereka lakukan ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi pada Senin (15/10) sementara para hadirin berdiri. Sebelum mengambil sumpah, mendagri menanyakan kesediaan mereka, dimana dijawab “Bersedia” sesuai agama Islam untuk Jokowi dan agama Kristen Prostestan untuk Ahok.

“Selanjutnya saya perlu mengingatkan bahwa sumpah ataupun janji yang akan Saudara-Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945 serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat.” jelas mendagri. “Sumpah atau janji ini selain disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang, juga penting disadari bahwa sumpah atau janji ini disaksikan oleh Tuhan yang Maha Esa, karena Tuhan itu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui…”

Mendagri juga menegaskan bahwa sumpah / janji ini merupakan sumpah kepada Tuhan yang Maha Esa dan juga manusia sehingga harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Setelah itu, Jokowi dan Ahok pun diambil sumpah. Berikut ini adalah sumpah yang mereka ikrarkan dengan diiringi Mendagri :

“Untuk yang beragama Islam,” kata Mendagri.

“Demi Allah saya bersumpah” (yang diikuti oleh Jokowi),

“Untuk yang beragama Kristen,” kata mendagri.

“Saya berjanji,” (yang diikuti oleh Ahok),

“Untuk semuanya..akan memenuhi seluruh kewajiban saya..." (diikuti oleh Jokowi dan Ahok)

"sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta” (diikuti oleh Jokowi saja)

“sebagai Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta” (diikuti oleh Ahok saja)

“Dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa.” diikuti oleh Jokowi dan Ahok.

Sebagai penutup, Mendagri menambahkan, “Untuk yang beragama Kristen Protestan, semoga Tuhan menolong saya,” yang diikuti oleh Ahok.

Seperti yang dikatakan Mendagri, sumpah yang diucapkan oleh Jokowi-Ahok merupakan sumpah kepada Tuhan dan bukannya kepada diri sendiri ataupun manusia saja sehingga sumpah yang diucapkan benar-benar sakral. Tuhan melihat setiap perbuatan kita, baik ataupun buruk.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Musim Hujan Datang, Waspadai 3 Penyakit Ini

Resep Tuna Tartar Ala Chef Will Meyrick

Sumber : jawaban.com by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami