Makanan Sehat di Musim Penghujan

Gizi & Nutrisi / 11 October 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Sehat di Musim Penghujan

daniel.tanamal Official Writer
5659

Musim penghujan di Indonesia biasanya terjadi pada medio Oktober hingga April. Namun cuaca yang kadang tidak menentu membuat penghujan biasanya datang lebih cepat. Sehingga pada September, hujan terkadang datang tiba-tiba.

Hal ini tentu saja punya dampak yang besar terhadap kesehatan kita. Apabila kita tidak berjaga-jaga, bukan tidak mungkin penyakit musiman seperti influenza yang menyebabkan pilek, demam dan flu datang menerpa. Untuk itu berikut makanan sehat yang dapat mencegah influenza menyerang kita.

Teh hijau
Resiko terkena kanker bisa diturunkan oleh antioksidan EGCG dalam teh hijau. Bakteri dalam usus pun bisa ditahan pertumbuhannya melalui teh yang sangat cocok saat musim hujan ini.

Cabai
Sifat anti kanker juga dimiliki cabai yang kaya akan beta-karotein dan vitamin A. Makanan pedas bisa Anda konsumsi untuk mencegah hidung tersumbat. Kanker prostat pun bisa dicegah selain infeksi pada saluran darah.

Bawang putih
Sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan oleh bawang putih. Senyawa T-lymphocytes dan macrophages membantu nutrisi baik dalam bawang putih bekerja untuk menangkal virus flu.

Kunyit
Pengobatan tradisional Cina telah menggunakan kunyit selama berabad-abad. Selain mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan meningkatkan sirkulasi darah, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Kayu Manis
Antioksidan tinggi dikandung kayu manis. Pembekuan daran dan bakteri akan terhambat oleh rempah-rempah ini. Penyakit lain yang mampu dilawan kayu manis adalah diabetes tipe2, kolesterol jahat serta menstabilkan gula darah.

Ubi Jalar
Penyakit serius seperti Alzheimer, parkinson, penyakit hati, cystic, fibrosis, HIV, kanker, jantung dan diabetes bisa Anda cegah dengan ubi jalar. Glutation yang terkandung dalam ubi jalar merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme nutrisi dan sistem kekebalan tubuh.

Labu Kuning
Vitamin A berasal dari nutrisi dalam antioksidan dan beta-karoten pada labu. Makanlah labu baik konsumsi langsung maupun dalma sayur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tiram
Zinc atu seng banyak terdapat dalam tiram. Dibanding mineral lainnya, zinc lebih berfungsi pada reaksi enzimatik. Jadi penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Tomat
Kandungan nutrisi pada tomat efektif dalam melawan herpes dan membantu melindungi tubuh terhadap penyakit degeneratif.

Jamur
Selain berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, jamur memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi resiko kanker. Tak hanya itu, sel darah putih pun akan ditingkatkan dan racun dalam tubuh keluar serta kerusakan dari radikal bebas bisa dicegah.

Delima
Cegahlah kanker prostat, paru-paru dan sejumlah jenis kanker lainnya dengan meminum jus delima. Antioksidannya juga baik untuk menjaga kesehatan.


Baca Juga :

Karena Foto Bugil, Pangeran Harry Putus

Recharge Your Soul : Harapan itu Datang Saat Maut Mengintai

7 Makanan Sehat Peluruh Lemak

Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Sederhana

Tips Keluar dari Kebosanan dan Kejenuhan

 


 


Sumber : tdwclub.com
Halaman :
1

Ikuti Kami