Novel Baswedan, Kisah Pahlawan KPK

Nasional / 10 October 2012

Kalangan Sendiri

Novel Baswedan, Kisah Pahlawan KPK

Lois Official Writer
3457

Saat itu gedung KPK didatangi sejumlah perwira polisi, mereka hendak menangkap Komisaris Novel Baswedan, penyidik utama kasus dugaan korupsi pengadaan simulator berkendara di Korps Lalu Lintas Polri.

Novel adalah penyidik KPK dengan kategori par excellence. Dia berperan utama mengungkap korupsi skala besar seperti suap wisma atlet. Novel ikut memimpin penangkapan Bupati Buol Amran Batalipu yang sempat melawan saat ditangkap tangan menerima suap dari anak buah pengusaha Siti Hartati Murdaya. Yang paling fenomenal yaitu kasus dugaan korupsi pengadaan simulator berkendara di Korlantas Polri. Novel menjadi penyidik yang ikut memimpin penggeledahan di markas Korlantas, Jalan MT. Haryono, Jakarta.

Penggeledahan KPK di markas Korlantas sempat tak berlangsung mulus ketika sejumlah perwira dari Bareskrim Mabes Polri menghentikannya, namun dua perwira berpangkat komisaris besar itu tak mampu menghentikannya. Dengan keberanian yang jarang dimiliki perwira menengah seusianya, Novel menghadapi seniornya di kepolisian tersebut.

“Maaf Bang, kami hanya menjalankan tugas. Ini surat izin dari pengadilan untuk penggeledahan yang kami lakukan,” katanya kepada seniornya. Dengan keberanian itu, sudah banyak seniornya yang mencoba mengingatkan Novel. Namun, dia tak mau berubah karena yang dilakukannya semata demi memberantas korupsi.

Ketika tiba-tiba dijadikan tersangka oleh Polri untuk kasus delapan tahun lalu saat bertugas di Polresta Bengkulu, Novel siap menghadapinya. Dengan semua prestasinya itu, pimpinan KPK pun tak ragu membela Novel. “Yang senang kalau Novel di penjara adalah koruptor,” kata juru bicara KPK, Johan Budi SP.

Sudah saatnya korupsi diungkap di dalam jajaran pemerintahan sampai seluruh pelosok Indonesia. Sudah saatnya Indonesia menjadi negara yang bersih dari korupsi sehingga negara ini dapat lebih baik lagi. Acungan jempol bagi Novel dan pemberantas korupsi lainnya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami