Pernikahan Mewah kini Terlarang di Vietnam

Nasional / 9 October 2012

Kalangan Sendiri

Pernikahan Mewah kini Terlarang di Vietnam

daniel.tanamal Official Writer
3258

Dianggap terlalu menghambur-hamburkan uang dan tidak menghormati kondisi sosial masyarakat Vietnam yang mayoritas kesusahan, Partai Komunis disana kini melarang setiap pesta pernikahan yang diadakan secara meriah.

Kebijakan tersebut diambil setelah banyaknya keluhan masyarakat yang dialamatkan kepada partai tersebut. Tanggap terhadap keluhan itu, pemerintah segera mengeluarkan edaran, yang isinya adalah batas jumlah tamu yang boleh diundang oleh masing-masing keluarga mempelai adalah 300 orang dan satu pesta pernikahan tidak boleh mengundang lebih dari 600 tamu. 

Selain itu tempat  resepsi mewah seperti hotel bintang lima pun harus dihindari. Kebijakan ini berlaku mengikat dan keseluruhan mencakup masyarakat hingga kerabat dan pimpinan partai. "Masih ada sebagian populasi, pejabat negara, dan anggota partai, termasuk para pimpinan, yang mengadakan pernikahan mewah, berlebihan, dan membuang-buang uang," bunyi pernyataan Sekretaris Partai Hanoi Pham Quang Nghi.

Sebagai bentuk contoh untuk diteladani masyarakat, maka partai juga meminta agar para pejabat dan anggota partai untuk mengikutinya sebagai bentuk contoh terhadap masyarakat. Pesan utama yang ingin mereka sampaikan kepada masyarakat adalah, pernikahan haruslah dilaksanakan secara hemat dan tanpa menghambur-hamburkan uang untuk menghormati kondisi sosial masyarakat.

Pernikahan adalah sakramen sakral dengan janji sehidup semati diatas nama Tuhan. Berkaca pada kasus diatas, faktor utama pernikahan adalah pemberkatan kudus dari gereja dan doa restu dari keluarga. Diluar itu semua kita harus bijak dalam melaksanakan acara pernikahan. Di Indonesia tidak ada larangan khusus yang membatasi. Namun ucapan syukur secara cukup tanpa besar-besaran, lebih arif jika dilaksanakan.

 


Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami