Peluang Pemerintah Dapatkan 'Emas' Bisa Lenyap

Nasional / 9 October 2012

Kalangan Sendiri

Peluang Pemerintah Dapatkan 'Emas' Bisa Lenyap

Lois Official Writer
2143

Jika pemerintah mampu menguasai 7% sisa saham divestasi PT. Newmont Nusa Tenggara maka pemerintah menjadi pemegang suara mayoritas yang dapat menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan perusahaan. Hal ini akan menentukan keadaan ekonomi masyarakat NTT.

Mengapa? Kebijakan pemerintah jika memegang saham terbesar di Newmont, ‘tambak emas’ itu tentunya akan menikmati penerimaan deviden yang pada akhirnya bisa dinikmati masyarakat NTT. Permasalahannya adalah masa perpanjangan perjanjian jual beli saham (SPA) antara pemerintah dan Newmont akan berakhir pada 25 Oktober mendatang.

Mahkamah Konstitusi pada 31 Juli lalu telah memutuskan bahwa rencana pembelian saham Newmont oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) harus seizin DPR. Menteri Keuangan Agus Martowardojo telah berupaya meyakinkan dan meminta persetujuan DPR. “Kenyataannya, hingga saat ini belum ada upaya signifikan yang dilakukan pemerintah untuk mendapatkan persetujuan DPR,” demikian pendapat Lin Che Wei, Financial Analyst dan pendiri KATADATA.

Menurutnya, pemerintah perlu bergerak cepat dan membuat langkah-langkah terobosan untuk memanfaatkan sisa waktu. Ada alternatif lain yang bisa dijajaki oleh pemerintah yaitu pembelian saham Newmont oleh BUMN. Persoalannya, BUMN-BUMN yang memiliki dana dan memungkinkan melakukan pembelian saham Newmont rata-rata sudah go public, sehingga tak lagi sepenuhnya dimiliki oleh negara, yang berarti tidak bisa membeli saham Newmont.

Jika pemerintah mampu menguasai 7% sisa saham divestasi PT. Newmont Nusa Tenggara maka masyarakat NTT lebih lega, apalagi jika pemerintah benar-benar memikirkan kepentingan masyarakat di sana. Hal itu tentunya juga mempengaruhi masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : inilah.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami