Ternyata Anjing Hutan Punya Cinta Abadi

Nasional / 7 October 2012

Kalangan Sendiri

Ternyata Anjing Hutan Punya Cinta Abadi

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3136

Binatang-binatang lucu seperti penguin dan merpati memang sering diidentikan dengan lambang kesetiaan karena terkenal dengan kesetiaannya pada pasangan. Tapi siapa sangka, jika anjing hutan pun sangat menjunjung tinggi kesetiaan.  Meskipun memiliki rahang ganas dan pemakan daging yang cukup ulung, ternyata anjing hutan punya cinta abadi pada satu pasangan saja alias punya gaya hidup monogami.

Kesimpulan ini diungkapkan oleh Cecilia A Hennessy dari School of Environment and Natural Resources, Ohio State University, setelah mempelajari 236 ekor dalam enam tahun, dari 2000-2006. Hennessy mengoleksi sampel darah dan jaringan dari anjing hutan yang hidup di wilayah Illinois. Ia dan rekannya kemudian memasang penanda pada anjing hutan yang ditangkap sebelum melepaskannya sehingga individu itu bisa dipantau.

Berdasarkan hasil penelitian, seperti diberitakan Scientific American, Jumat (28/9/2012), Hennessy menyatakan bahwa secara genetik tak ada bukti poligami. Pengamatan juga menunjukkan anjing hutan terus bersama pasangannya selama beberapa musim kawin.

Hasil penelitian ini berlawanan dengan penelitian sebelumnya bahwa spesies yang punya gaya hidup monogami kadang berselingkuh. Sebelumnya juga diperkirakan anjing hutan yang hidup di kota sulit bermonogami sebab makanan dan pasangan melimpah.

"Riset kami menunjukkan anjing hutan mempertahankan relasi monogami, terlepas dari bahan makanan yang melimpah dan padatnya populasi," ungkap Hennessy dalam publikasinya di Journal of Mammalogyyang terbit September 2012.

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami