Sedang Stres, Tapi  Kenapa Anak Makin Rewel?

Parenting / 4 October 2012

Kalangan Sendiri

Sedang Stres, Tapi Kenapa Anak Makin Rewel?

Puji Astuti Official Writer
3526

Tahukah Anda bahwa seorang anak bisa merasakan permasalahan yang dihadapi orangtuanya sekalipun ia masih kecil? Terlebih ketika sebuah tragedi atau masa sulit yang terjadi, sekalipun orangtua mencoba menyembunyikannya dari sang anak, mereka akan bisa merasakan emosi orangtuanya.

Anak-anak akan menunjukkan reaksi seperti rewel dan tak mau ditinggal saat merasakan kerentanan. Hal itu disebabkan karena mereka dapat merasakan kondisi tidak aman yang terpancar dari gerak-gerik orang dewasa disekitarnya. Anak-anak yang mengalami kondisi seperti ini biasanya akan kehilangan nafsu makan, tidak bisa tidur, bahkan mengalami masalah kesehatan seperti badan panas atau batuk dan flu. Ketika seorang anak merasa tertekan, maka daya tahan tubuh mereka menurun dan rentan terhadap infeksi.

Tanda-tanda lain anak mengalami stress adalah mereka menjadi hiperaktif. Tanda-tanda prilaku impulsive seperti ini sering ditemukan pada anak yang kedua orangtuanya bercerai.

Jika anak Anda menunjukkan salah satu tanda awal depresi dan stress tadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  1.   Buatlah ia nyaman ditempat tidur seperti seprai yang lembut dan bergambar tokoh kesukaannya.
  2. Putarkan lagu lembut saat ia akan tidur. Hal ini menjadi penting karena tidur sering menjadi masa menakutkan bagi anak-anak karena mereka merasa sendiri dan ditinggalkan.
  3. Berilah anak Anda jam tangan, hal ini akan membuat dia merasa memiliki kendali seperti tahu kapan Anda pulang kantor.
  4. Sajikan makanan yang bertekstur lembut seperti jus atau susu yang mengandung potassium yang tinggi – hal ini baik untuk mengatasi stress. Pisang adalah salah satu buah yang disarankan.
  5. Beri buah hati Anda kunci rumah, terutama anak yang pada siang hari ditempatkan di penitipan anak. Hal tersebut akan membuat anak merasa aman karena memegang kunci rumah mereka sendiri dan mengingatkan diri mereka bahwa orangtuanya akan menjemputnya. Namun akan lebih baik jika kunci itu diberi gantungan kunci karena biasanya ia akan sering menghilangkannya.

Yang terpenting pada saat Anda menghadapi masa-masa sulit adalah membuat anak-anak Anda mengerti bahwa seburuk apapun keadaannya, mereka selalu dicintai dan tidak mungkin ditinggalkan sendiri. Rasa cinta yang diungkapkan akan menjadi sebuah komfirmasi bagi anak-anak itu akan perhatian orangtuanya dan membuat mereka merasa aman.

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Chord Lagu : No Turning Back

Humor di Dalam Pernikahan

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami