Wow, Ada Penipuan Perjalanan Dinas Fiktif 77 Miliar?

Nasional / 3 October 2012

Kalangan Sendiri

Wow, Ada Penipuan Perjalanan Dinas Fiktif 77 Miliar?

Lois Official Writer
2571

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil pemeriksaan kinerja atas 14 objek pemeriksaan semester I tahun 2012 kepada DPR. Hasil pemeriksaan itu menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan baik dari pemerintah pusat maupun daerah diperiksa dan ditemukan adanya penyimpangan, antara lain dalam hal perjalanan dinas.

Ketua BPK Hadi Poernomo menjelaskan BPK menemukan adanya kerugian negara ataupun daerah akibat penyimpangan perjalanan dinas di pemerintah sebanyak 259 kasus dengan memakan biaya senilai Rp 77 miliar.

“Dari total kerugian negara atau daerah tersebut, sebanyak 86 kasus senilai Rp 40.13 miliar merupakan perjalanan dinas fiktif, dan 173 kasus senilai Rp 36,87 miliar merupakan perjalanan dinas ganda dan atau perjalanan dinas melebihi standar yang ditetapkan,” kata Hadi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/10).

Penyimpangan ini ditemukan antara lain karena pegawai yang melaksanakan perjalanan dinas tidak mematuhi ketentuan pertanggungjawaban perjalanan dinas, pengendalian atasan secara langsung yang lemah, pejabat yang tidak memverifikasi bukti pertanggungjawaban secara memadai, biro perjalanan dinas yang menyediakan dokumen palsu seperti tiket, boarding pass, dan bill hotel yang palsu. Kementerian mana saja yang menduduki peringkat paling banyak melakukan perjalanan fiktif? Nanti akan disiapkan humas, menurut Wakil Ketua BPK Hasan Bisri. Bisa jadi hal ini merupakan bukti bahwa di dalam badan pemerintahan ditemukan banyak kecurangan maupun dokumentasi yang salah, setidaknya.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Chord Lagu : No Turning Back

Humor di Dalam Pernikahan

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Sumber : inilah.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami