Persepuluhan cs Persembahan (2)

Investment / 1 October 2012

Kalangan Sendiri

Persepuluhan cs Persembahan (2)

Hot Triany Nadapdap Official Writer
7774

Persepuluhan pertama kali disebutkan dalam Kitab Kejadian ketika Abraham kembali dari sebuah pertempuran yang dimenangkan olehnya. Lima raja orang Amori telah menawan keponakan Abraham Abraham, Lot dan keluarganya. Abraham bersama 318 orangnya pergi dan mengalahkan kelima raja itu.

“Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. Lalu ia memberkati Abram, katanya: “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abraham memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya. (Kejadian 14:17-20).

Melkisedek adalah raja Salem, raja damai dan symbol sumber berkat. Dia adalah salah seorang yang menyembah dan memuliakan Allah Yang Maha Tinggi. Abram telah diberkati oleh Melkisedek dan sebagai timbal baliknya Abram memberinya persepuluhan. Allah diakui sebagai satu-satunya pemberi kemenangan, dan dengan demikian Melkisedek diberikan persepuluhan sebagai wakil dari Allah Yang Mahatinggi.

Memberi persepuluhan berarti menghormati Pribadi yang telah memberkati kita. Hanyalah orang bodoh yang akan menahan berkat dari Pribadi yang telah mengulurkan berkat baginya pada tempat yang pertama. Seperti yang telah kita akui, semua yang kita miliki berasal dari Allah, bukan karena keberuntungan atau kepandaian. Ketika kita memberi yang pertama bagi Allah, kita mengakui bahwa Allah adalah sumber dan pemeliharaan kita. Jika Anda tidak mau memberi yang terbaik bagi Allah, Anda sedang tidak menghormatinya sebagai sumber atau pemelihara atau Tuhan atas keuangan Anda. Artinya, Anda menyatakan bahwa kerja keras Andalah yang telah menghasilkan apa yang Anda miliki sekarang. Berkat kita berasal dari Raja Damai, Pribadi yang memberi kita kemenangan dalam pertempuran yang kita hadapi.

Ada beberapa contoh persepuluhan dalam Alkitab. Yakub yang telah melarikan diri ke sebuah tempat yang asing tidak membawa apa-apa selain janji Allah. Dia menyatakan bahwa, "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku ..., maka Tuhan akan menjadi Allahku... Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepadaMu." (baca Kejadian 28:20-22). Dia mengakui bahwa apa pun yang akan terjadi merupakan sebuah akibat langsung dari campur tangan dari Allah yang baik. Bagaimana mungkin Yakub membuang kepercayaannya pada Allah, lalu mengingkari persepuluhan padaNya? Kemudian, ketika Israel dituntun masuk ke tanah perjanjian Tuhan memberikan perintah yang jelas kepada mereka. Allah berkata kepada bangsa Israel dasar pertama yang ingin Iatetapkan di tanah yang baru. Segala sesuatu yang lahir pertama kali di rahim adalah kudus."

Kuduskanlah bagiKu semua anak sulung, semua yang lahir terdahulu dari kandungan pada orang Israel, baik pada manusia maupun pada hewan; Akulah yang empunya mereka" (Keluaran 13:2). Tuhan menghendaki semua yang sulung dipersembahkan kepadaNya supaya yang lahir setelah itu menjadi kudus. Keuangan mereka, keluarga mereka menjadi kudus.

Bayangkanlah kehidupan seperti apa yang akan kita miliki jika kita mau memberikan semua yang pertama dari semua kepada Allah: yang pertama dari hari kita, yang pertama dari perhatian kita atas segala hal, yang pertama dari keuangan kita. Allah akan menjadi sumber dari segala kedamaian dalam hidup kita.

Tidak hanya persepuluhan yang utama, hal itu juga dimaksudkan untuk lebih mengenal Tuhan, Allah kita.

"Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun. Di hadapan Tuhan, Allahmu, di tempat yang akan dipilihNya untuk membuat namaNya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan Tuhan, Allahmu. (Ulangan 14:22-23)"

Pengunjung setia Jawaban.com, persepuluhan bukan berbicara tentang pemberian ke gereja atau pihak tertentu yang kita curigai akan menguasai dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi karena kita tidak perlu untuk memikirkan akan kemana nantinya, perpuluhan kita akan digunakan. Tapi berikanlah perpuluhan sebagai tanda ketaatan kepada Tuhan. Apakah kita sudah sudah rutin memberikan perpuluhan sebagai pembuktian rasa hormat kepada Tuhan?

Sumber : Disadur dari: Buku Strategies for Financial Breakthrough (Eugene Strite)
Halaman :
1

Ikuti Kami