Kualitas Udara Jakarta Terbantu Karena Car Free Day

Nasional / 29 September 2012

Kalangan Sendiri

Kualitas Udara Jakarta Terbantu Karena Car Free Day

daniel.tanamal Official Writer
2987

Polusi udara di Jakarta memang menjadi salah satu sorotan serius yang harus ditanggulangi. Salah satu program pemerintah daerah yang hingga kini mendapat pujian dari berbagai kalangan dan terbukti mengurangi pencemaran udara di ibukota adalah hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau yang lebih dikenal dengan Car Free Day.

Pelaksanaan Car Free Day yang sudah dimulai sejak 23 Mei 2002 terbukti sukses mrngurangi pencemaran udara. "Dari pelaksanaan Car Free Day, dari tahun ke tahun sudah terjadi peningkatan kualitas udara dan penurunan pencemaran udara," kata Kepala Bidang Pelestarian dan Tata Lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta Rusman Sagala di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (21/9).  

Tercatat dalam data yang diterima, presentase penurunan konsentrasi pencemaran yang cukup signifikan pada parameter debu (PM-10), carbon monoksida (CO), nitrogen monoksida (NO), dan total hidrocarbon (THC). "Mengingat pertumbuhan kendaraaan di Jakarta yang terus meningkat, maka diperlukan sebuah upaya pengendalian gas karbon yang dikeluarkan dari kendaraan," kata Rusman.

Karena dampak positif tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan Car Free Day tidak hanya di tingkat provinsi tapi juga di tiap wilayah Jakarta. "Ini sudah digerakkan sejak 23 Mei 2012, Car Free Day di tingkat provinsi dilakukan setiap minggunya di Jalan Sudirman-Thamrin. Sementara itu Car Free Day di tingkat wilayah kota dilakukan sekali sebulan," ujarnya.

Lebih jauh, tujuan utama diberlakukan Car Free Day ini antara lain untuk menginisiasi setiap individu masyarakat yang hendak bepergian untuk menggunakan kendaraan yang proporsional. "Maksudnya kalau dekat tidak perlu pakai motor, cukup berjalan kaki, menggunakan kendaraan umum, atau bersepeda," tutupnya.

Kesadaran kita dalam menjaga lingkungan akan menyelamatkan Indonesia, khususnya ibukota dari dampak buruk pencemaran udara. Kebersihan lingkungan mencerminkan bersihnya jiwa dan iman kita dalam beribadah terhadap Tuhan dan melaksanakan FirmanNya.

 

Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami