Innocence of Muslims, Kekerasan yang Dilawan Kekerasan

Internasional / 21 September 2012

Kalangan Sendiri

Innocence of Muslims, Kekerasan yang Dilawan Kekerasan

Lois Official Writer
4411

Jaksa penuntut umum Mesir telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Pastor Terry Jones asal Florida dan tujuh orang Kristen Koptik Mesir terkait film Innocence of Muslims. Meski demikian, kantor kejaksaan menyatakan Jones dan tujuh orang itu diyakini berada di luar Mesir. Nakoula Bassely Nakoula, nama asli Sam Bacile yang membuat film tersebut merupakan salah satu orang yang masuk dalam daftar yang dicari.

Dilansir inilah.com, sejak film ini dirilis di Youtube pada Juli lalu, ada banyak kerusuhan di seluruh dunia dan menyebabkan meninggalnya 40 korban di seluruh dunia. kelompok militan Shiah Hizbullah di Lebanon berani memasang hadiah US$2.4 juta atas kepala Jones, padahal kalaupun bersalah Jones harusnya dihukum sesuai hukum yang berlaku.

Di Australia, minggu ini juga mengalami unjuk rasa yang menyebabkan enam polisi dan sejumlah warga sipil mengalami luka-luka akibat bentrok saat unjuk rasa. Mereka mengusung kertas karton bertuliskan, “Penggal semua yang menghina rasul.” Sebelumnya, aksi protes merebak di Timur Tengah dan bahkan menyebabkan tewasnya mereka di Mesir, Tunisia, Yaman, dan Libya. Di Indonesia juga melakukan aksi protes dan menyebabkan kekerasan terjadi saat mengutuk film Innocence of Muslims tersebut.

Di ibukota Tripoli dan Benghazi, Libya Timur, demonstrasi juga terjadi. Namun, tidak seperti semua demonstrasi yang berlangsung di tempat-tempat lain, mereka justru berdemonstrasi mengutuk penyerangan, terutama penyerangan ke kantor Konsulat AS yang menyebabkan Dubes AS J. Christopher Steven meninggal dunia. Pengunjuk rasa membentangkan spanduk bertuliskan, “Preman dan pembunuh tidak mewakili rakyat Benghazi atau Islam.” Presiden Sementara Libya Mohammed El-Megarief pun menyampaikan permohonan maaf kepada AS dan berjanji akan menyeret pelaku pemboman konsulat AS di Benghazi ke pengadilan.

Cerdaslah di dalam bertindak. Jika kita dituduh sebagai orang yang mudah marah, jangan marah karena hal itu. Justru kita perlu membuktikan bahwa sikap kita tidak seperti itu. Hal yang sama juga dilakukan pendemo Benghazi yang menentang kekerasan itu. Mereka tidak melawan kekerasan dengan kekerasan, seolah-olah membenarkan film tersebut tentang sifat mereka, tapi mereka justru menentang kekerasan yang dilakukan. Agama manapun tidak pernah mengajarkan kekerasan, tapi jangan pakai nama agama untuk kekerasan yang kita lakukan.

 

Baca Juga :

Forum JC : Kopdar September Ceria (29 September 2012)

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Gula

Mantra Paranormal

Chord Lagu : Afterlife (by Switchfoot)
Sumber : inilah by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami