Ahok: Busway Bagus Tapi Manajemen Warteg

Nasional / 16 September 2012

Kalangan Sendiri

Ahok: Busway Bagus Tapi Manajemen Warteg

Lestari99 Official Writer
3877

Saling sindir mewarnai debat kandidat DKI 1 "Jakarta Memilih: The Final Round" yang digelar sebuah stasiun televisi. Sindiran yang seringkali dilontarkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dibalas pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama dengan fakta dan data di lapangan.

Sebelumnya Jokowi mempertanyakan proyek busway yang rencananya akan dibangun 15 koridor tapi baru terealisasi 11 koridor, itupun 10 koridor dibangun di bawah kepemimpinan Sutiyoso. Sejalan dengan Jokowi, Ahok pun membandingkan pembangunan sarana busway dengan studi banding ke Bogota.

“Dalam studi banding ke Bogota, dibandingkan koridor busway Jakarta dan Bogota yang sama-sama memiliki 8 koridor. Tapi di Jakarta hanya sanggup mengangkut 300 ribu penumpang sedangkan Bogota sanggup mengangkut 1,3 juta penumpang. Ini bukan masalah panjang jalur. Pasti ada yg salah. Masalahnya ada di manajemen. Di Bogota manajemennya bagus. Proyek busway itu bagus tapi di sini kok manajemennya kayak manajemen warteg,” sindir Ahok.

Foke pun membalas hal itu dengan bahasa diplomatis. “Ya, pengaturan busway itu memang tidak gampang. Ada prosesnya. Sekarang kita fokus untuk pembangunan koridor. Untuk pengaturan busway diperlukan sistem untuk mengetahui posisi angkutan busway agar tidak terjadi penumpukan. Perlu komputerisasi. Sekarang juga sudah dimulai sistem komputerisasi tapi nanti pasti akan lebih kita kembangkan lagi,” ungkap Foke.

“Tapi Bapak lima tahun lho. Udah mau turun Bapak baru pikirin,” sambar Ahok.

“Yah, itu kan maunya Bapak Ahok. Bukan maunya warga Jakarta,” pungkas Foke.

Tanggung jawab yang dipikul seorang pemimpin memang tidak mudah. Tuntutan demi tuntutan akan selalu dilayangkan dalam mempertanggungjawabkan kinerjanya sebagai seorang pemimpin. Namun dalam hal ini, warga Jakarta sesungguhnya tidak meminta banyak. Warga Jakarta hanya mengharapkan realisasi dari apa yang dijanjikan dan solusi dari berbagai permasalahan Jakarta yang kompleks. Siapapun yang nantinya menjadi Gubernur Jakarta, kiranya dapat menjawab keinginan dan kebutuhan warga Jakarta ini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Metro TV - LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami