Kecanduan Tehnologi Dapat Membunuh Karir Anda!

Career / 15 September 2012

Kalangan Sendiri

Kecanduan Tehnologi Dapat Membunuh Karir Anda!

Puji Astuti Official Writer
5215

Dengan perkembangan tehnologi saat ini yang sangat pesat, bukan hanya pekerjaan, bahkan kehidupan tidak bisa dipisahkan dari tehnologi. Namun karena begitu kuatnya perkembangan dan pengaruh tehnologi saat ini, sebagian orang mengalami yang namanya “kecanduan tehnologi.”

Kecanduan tehnologi ini sangat mudah dilihat, mulai dari tidak bisa melepaskan perangkat smartphone barang sejenak, bekerja sambil mengirimkan pesan singkat, bahkan selalu terhubung dengan social media kapanpun dan dimanapun. Bila akses kepada tehnologi terputus seperti baterai habis, pulsa atau akses data habis, seseorang yang kecanduan tehnologi merasa tidak nyaman.

Sayangnya, tehnologi yang dimaksudkan untuk membuat seseorang semakin efektif dan produktif saat ini malah banyak membuat para pekerjan tidak produktif karena mengalami masalah kecanduan tehnologi ini.

Pekerjaan menjadi semakin lambat karena pikiran seorang karyawan menjadi multitasking antara pekerjaan dan panggilan pesan singkat atau status di social media. Bahkan saat rapat, banyak orang tidak bisa terfokus karena di tangannya smartphone-nya tetap memberikan panggilan sekalipun dalam mode diam (silent).

Jika hal ini tidak dicermati, cepat atau lambat pasti produktivitas menurun dan para pemimpin pun akan menyadari ada kebocoran dalam system kerja yang ada. Memang saat ini telephone genggam adalah sesuatu yang pribadi, namun jika hal tersebut sudah mengganggu, maka bukan tidak mungkin manajemen perusahaan akan membuat kebijakan khusus.

Untuk itu, sebelum karir Anda dibunuh oleh smartphone ataupun social media, akan lebih baik melakukan evaluasi pribadi. Selanjutnya tips ini dapat membantu Anda :

  1. Batasi dan atur waktu penggunaan smartphone ataupun akses ke akun social media Anda. Pastikan bahwa tehnologi tidak menghalangi produktivitas Anda dalam bekerja.
  2. Hiduplah di dunia nyata, jika Anda memposting sesuatu di social media atau blog Anda, pastikan bahwa hal itu adalah sesuatu yang Anda bersedia untuk mengumumkannya di depan umum.
  3. Lakukan diet digital, hal ini penting untuk jiwa Anda. Lakukan hal ini sebagai detox dari ketergantungan tehnologi, dan nikmati saat-saat itu dengan membangun hubungan dengan keluarga dan sahabat.
  4. Saat tidur jauhkan segala perangkat tehnologi dari tempat tidur Anda.
  5. Pekalah kepada suara hati Anda, jika nurani Anda telah memperingatkan Anda, lakukanlah tindakan secepatnya sebelum terlambat.

Ingatlah bahwa tehnologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, bukan menyulitkan atau bahkan merusak. Pastikan Anda bijaksana dalam memanfaatkan tehnologi.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami