Kisruh Sepak Bola di PON Riau 2012, PSSI Tuntut PB PON

Nasional / 12 September 2012

Kalangan Sendiri

Kisruh Sepak Bola di PON Riau 2012, PSSI Tuntut PB PON

Lois Official Writer
3631

PSSI siap menuntut PB PON dan akan menarik diri dari keanggotaan KONI. Kisruh yang terjadi pada cabang sepakbola di PON Riau 2012 antara Kaltim dan Jambi itu membuat PSSI pergi dari Riau sehari setelah kejadian. Menurut Pit (pelaksana tugas) Sekjen PSSI, Hadiyandra, pihaknya bukannya kabur. “Kami diusir, bukan pulang sendiri atau kabur,” tegas Hadiyandra kepada bola.net.

Kisruh tersebut terjadi saat PSSI mencegah Kaltim bertanding karena dianggap sebagai tim illegal. Namun, Kaltim sendiri ngotot berangkat karena banding mereka disahkan oleh BAORI. Akhirnya, perangkat pertandingan PSSI seperti wasit dan hakim garis pun dipulangkan oleh PB PON. Sebagai gantinya, PB PON menunjuk perangkat pertandingan yang biasa menangani Indonesia Super League (ISL).

Upaya PSSI menuntut PB PON bisa berakibat mundurnya mereka dari KONI, namun tampaknya PSSI sudah siap. Hadiyandra pun mengatakan bahwa PSSI tidak mengakui keberadaan BAORI. Pasalnya, PSSI-lah yang ditunjuk, namun sampai di Riau tidak disambut malah terdampar di bandara berjam-jam dan sekarang diusir pula.

Saat ini PSSI sedang mengkaji ulang semuanya, entah pidana ataupun perdata yang akan dipersiapkan untuk dipakai menuntut. “Bisa saja kita mundur dari KONI. Negara lain tak ada yang begini kan? Kita akan terus kaji ulang terkait sumber dana ke depan nantinya,” tegasnya. Jika di negara lain langsung berinduk pada AFC dan FIFA, berbeda di Indonesia. Federasi sepak bola Indonesia berinduk pada KONI terlebih dahulu, sebab pendanaan PSSI yang berasal dari pemerintah diberikan melalui KONI.

Dengan kejadian seperti ini, PSSI harus siap keluar dari KONI dan siap tidak didanai oleh pemerintah. Di samping itu, belum lagi dilihat dari segi hukum, kekuasaan, dan lain sebagainya. Namun, nampaknya PSSI yakin bahwa tindakannya benar. Terkadang, manusia pun perlu bertindak untuk mempertahankan keyakinannya, imannya, komitmennya, dan hal-hal yang dia percayai.

 

Baca Juga :

Suara Tuhan

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Berolahraga Dapat Redam Rematik

Chord Lagu : I Surrender (Hillsong)

Sumber : bola.net by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami