Five Iron Frenzy

Five Iron Frenzy

daniel.tanamal Official Writer
2270

Sering dikenal dengan nama Five Iron atau singkatnya FIF, Five Iron Frenzy adalah salah satu band Ska Kristen yang punya pengaruh besar di dunia musik Kristen. Band ini dibentuk di Denver Colorado pada medio 1995 dengan memadukan salsa-style shouting, literatur bahasa yang sophisticated dan kekayaan referensi musik berikut dengan elaborasi solo trombone.

Pertama kali FIF digawangi oleh Reese Roper pada vocal, Micah Ortega pada gitar, Keith Hoerig pada bass dan Scott Kerr pada gitar. Pada perkembangannya beberapa nama sempat bergabung seperti Nathanael "Brad" Dunham, Andrew Verdecchio, Sonnie Johnston, Dennis Culp, dan Leanor Ortega yang merupakan personil wanita satu-satunya di band ini.

Album pertama mereka Upbeats and Beatdowns yang dirilis pada Nopember 1996, menjadi pembuka kesuksesan FIF. Mereka berhasil masuk dalam 39 besar musik Kristen Kontemporer pada tangga lagu Billboard. Video musik mereka berjudul A Flowery Song mendapat Dove Awards pada kategori short form video.

Mereka dikenal karena musik yang penuh dengan lirik positif dan pertunjukan live yang begitu enerjik. Lirik musik mereka banyak mengkritisi masalah sosial, pembebasan terhadap suku asli Amerika, nafsu konsumerisme, kemunafikan umat Kristen, sukacita terhadap pemulihan dan iman kepercayaan terhadap Kristen.

Seperti band ska pada umumnya, FIF dikenal selalu berkostum seragam, salah satunya adalah seragam Star Trek. Seringkali mengajak para penonton untuk datang melihat pertunjukan mereka dengan membawa sepasang kaus kaki yang layak pakai. Diakhir pertunjukan, kaus kaki tersebut dikumpulkan untuk disumbangkan ke penampungan tunawisma lokal. Penggemar mereka sangat beragam, mulai dari masyarakat minoritas, golongan relijius, hingga para orangtua yang masih berjiwa muda.

Pada 1997 mereka merilis album kedua berjudul Our Newest Album, berikut dengan album ketiga All the Hype That Money Can Buy pada 2000, FIF 2 : Electric Boogaloo di 2001 dan terakhir The end Is Near di 2003. sempat bubar pada 2003, band ini mencoba bangkit kembali di 2004 hingga 2010. Hingga mereka reuni kembali pada 2011 lalu.

 

 


 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami