Kawasan Jatinegara Paling Rawan Curanmor

Nasional / 8 September 2012

Kalangan Sendiri

Kawasan Jatinegara Paling Rawan Curanmor

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2839

Pencurian kendaraan bermotor menjadi tindak kriminal yang paling banyak dilakukan, apalagi di ibu kota. Menurut kepolisian, daerah di Jakarta yang paling rawan terjadi pencurian kendaraan bermotor adalah wilayah Jakarta Timur. Ada tiga faktor yang membuatnya begitu: kepadatan penduduk paling tinggi, jumlah pasar dan mal yang banyak, dan keberadaan kendaraan yang dititipkan di stasiun kereta.

“Banyak kendaraan  yang parkir di Jatinegara,” kata Kepala Subbagian Humas Polres Jakarta Timur, Komisaris Didi Haryadi, seperti dikutip dari laman Tempo, Jumat (7/9).

Selain Jatinegara, Kecamatan Duren Sawit, Cakung dan Pulogadung juga disebut Didi sebagai kawasan yang rawan. “Kami mengimbau agar masyarakat di daerah-daerah ini lebih waspada,” ungkapnya.

Menurut Didi, salah satu tindakan antisipasi yang harus terus dilakukan adalah dengan selalu memasang kunci ganda pada kendaraan bermotor saat diparkir. Ini memang tidak menjamin 100 persen, namun menurut Didi setidaknya teknik ini dapat menghambat pencuri menggondol sepeda motor Anda. "Sebanyak 90 persen kendaraan dicuri saat diparkir tanpa kunci ganda," kata Didi.

Sebelumnya Didi mengungkapkan sudah ada 144 laporan kasus kehilangan sepeda motor dan 47 lainnya kehilangan mobil di Jakarta Timur sepanjang tahun ini. Angka itu sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 308 dan 57 kasus untuk roda dua dan roda empat.

 

Sumber : tempo/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami