Butuh Bukti Betapa Kayanya Indonesia?

Nasional / 8 September 2012

Kalangan Sendiri

Butuh Bukti Betapa Kayanya Indonesia?

Lois Official Writer
5913

Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan segala macam hal, mulai dari kekayaan alam, kebudayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam Indonesia. Tapi kita kurang mengerti seperti apakah kayanya Indonesia itu. Ini dia ulasannya

Dari Segi Bahasa

Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pembukaan Forum Keberagaman Bahasa Asia-Eropa di Jakarta beberapa waktu yang lalu, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Windu Nuryanti mengatakan bahwa Indonesia memiliki sekitar 743 bahasa.

“Dari jumlah itu, 442 bahasa sudah dipetakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,” katanya. Dengan jumlah bahasa yang mencapai ratusan itu, Indonesia memegang 10 persen dari 7.000 bahasa di dunia ini. “Tidak tertutup kemungkinan jumlah bahasa itu akan terus bertambah karena hingga kini penelitian itu terus dilakukan dan belum selesai,” katanya. Sayangnya, di antara bahasa-bahasa tersebut, ada juga yang terancam hilang karena penuturnya makin sedikit dan umumnya dari generasi tua saja.

Dari Segi Kepulauan

Pemerintah Indonesia tahun depan akan mendaftarkan 13.487 pulau ke PBB, demikian dikemukakan Direktur Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, Agus Dermawan. Itu artinya, jika setiap hari kita mau menjelajahi seluruh pulau di Indonesia, selama setahun kita hanya bisa mengunjungi 365 pulau. Untuk mengunjungi semua pulau dibutuhkan waktu sebesar hampir 37 tahun lamanya, dengan catatan setiap hari kita mengunjungi pulau yang berbeda.

Sayangnya, pemberitaan akhir-akhir ini ada beberapa pulau yang hendak dijual oleh pihak-pihak individu yang merasa pulau itu sebagai miliknya. Dengan begitu, tentu kepulauan di Indonesia bukan lagi milik Indonesia.

Dari Segi Budaya

Kita sudah cukup mendengar betapa banyaknya kebudayaan kita, baik dari segi tari-tarian, pakaian daerah, adat-adat / tradisi, alat-alat kesenian, makanan khas, maupun budaya Indonesia lainnya. Bahkan kebudayaan kita ada yang dicaplok oleh negara lain sebagai kebudayaannya. Hal ini membuktikan betapa banyaknya budaya yang harus kita lestarikan.

Belum lagi dari segi alam, Indonesia punya iklim yang tropis dengan kekayaan alam yang luar biasa. Tanahnya subur, hutan hujan tropis di Indonesia sangat diperhatikan dunia karena dari sinilah nafas kehidupan bumi bisa ditentukan, berbagai jenis material yang ada di dalam perut bumi Indonesia begitu kaya, ikan-ikan, semuanya menunjukkan Indonesia kaya. Jikalau kita kaya seperti ini, sudah seharusnya kita kembali mengingatkan diri kita untuk melestarikannya dan menjadikannya sebagai kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

 

Baca Juga :

Tanpa Harus Ke Gym, Tubuh Fit Bisa Didapatkan

Kematian Tragis yang Dialami Gadis Majalah Playboy

Forum : Antara Suka - Sayang - Cinta

Beli Album Positive Life dan Dengarkan Positifnya

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami