Makanan Sehat Para Juara Olimpiade

Gizi & Nutrisi / 6 September 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Sehat Para Juara Olimpiade

daniel.tanamal Official Writer
5035

Seringkali setiap orang yang ingin mendapatkan tubuh langsing dan padat melakukan kesalahannya ketika memilih cara dengan berolahraga namun mengurangi asupan makanan. Perlu diketahui secara tepat bahwa makanan adalah sumber energi untuk beraktifitas. Untuk itu ada beberapa cara yang efektif agar keinginan tersebut bisa terwujud.

Ada beberapa cara yang telah ditunjukan dan berhasil dilakukan oleh para atlet ini. Mereka melakukan diet seimbang dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka  mengonsumsi karbohidrat kompleks sebelum latihan. Dan setelah latihan, mereka akan diberi asupan makanan yang mengandung glikogen, karbohidrat, protein tanpa lemak untuk perbaikan otot. Inilah Jenis makanan yang dianggap ideal bagi mereka untuk membantu menstabilkan berat badan dan tetap sehat.

Sekedar informasi, makanan ini biasa disantap oleh beberapa atlet peraih medali emas di Olimpiade seperti Dara Torres (perenang), Shawn Johnson (pesenam), dan Timmy Duggan (bersepeda).

1. Pisang

Konsumsi pisang bisa memberikan beragam nutrisi seperti kalium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat. Kandungannya memiliki energi tinggi dan mudah dicerna tubuh dan menjadi makanan ringan yang sempurna sebelum olahraga.

2. Susu dan yogurt

Agar tubuh tetap berenergi, atlet renang Dara Torres selalu mengonsumsi susu cokelat organik setiap kali latihan. Susu dan yogurt merupakan sumber karbohidrat, protein dan kalsium yang baik untuk memperkuat tulang.

3. Kacang-kacangan

Kacang menjadi sumber energi yang sempurna sekaligus makanan diet. Bagi atlet, selai kacang adalah makanan pemulihan energi yang baik karena kandungan protein dan karbohidrat di dalamnya.


4. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang populer bagi atlet karena makanan ini memberi energi yang bertahan lama, karena dicerna dengan lambat. Agar lebih nikmat, cobalah tambahkan buah kering atau segar, susu, kacang, atau yogurt ke dalamnya.

5. Salad

Protein yang ditambahkan dalam salad ini berfungsi untuk menambah energi dan perbaikan otot. Agar lebih berenergi, kombinasikan salad dengan kacang-kacangan, jagung, bit, atau crouton panggang (roti panggang).

6. Jeruk

Saat berolahraga, otot akan merasa lelah dan mungkin saja mengalami nyeri. Asupan vitamin C dalam jeruk dan buah akan emmbantu untuk memperbaiki otot. Makanan yang tergolong baik baik untuk otot, antara lain jeruk, berry, nanas, jeruk, pisang, stroberi dan yogurt.

7. Buah kering

Terkadang, banyak orang menghindari buah kering karena dianggap mengandung banyak kalori. Padahal buah kering ini memiliki portabilitas, kepadatan nutrisi, dan karbohidrat yang baik dan menjadi pilihan makanan yang sehat. Buah kering ini baik dikonsumsi saat akan melakukan olahraga berat seperti bersepeda atau hiking.

8. Lemak baik

Tak selamanya lemak bersifat jahat dan meningkatkan bobot tubuh Anda. Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, ikan, alpukat, kacang dan biji-bijian dapat melindungi jantung dan meningkatkan energi.

 


Halaman :
1

Ikuti Kami