Timnas Indonesia Tidak Pernah Juara di AFF Cup

Nasional / 4 September 2012

Kalangan Sendiri

Timnas Indonesia Tidak Pernah Juara di AFF Cup

Budhi Marpaung Official Writer
3456

Untuk kesembilan kalinya, tim nasional (timnas) Indonesia turun berlaga di kompetisi sepakbola ternama di kawasan Asia Tenggara, ASEAN Football Federation (AFF) Cup. Menariknya hingga perhelatan terakhir, tim Garuda masih belum juga dapat menjadi juara.

Berdasarkan data AFF, pencapaian prestasi tertinggi tim Merah Putih di turnamen yang dulu bernama Tiger Cup ini adalah sebagai runner-up.

Tahun 2000, inilah kali pertama Indonesia menginjakkan kaki di final. Di periode tersebut, tim Merah Putih yang diperkuat pemain-pemain seperti Bima sakti, Anang Ma’ruf, dan Bejo Sugiantoro dengan lapang dada harus mengakui ketangguhan pemain-pemain timnas Thailand.

Peristiwa final Tiger Cup 2000 terulang kembali di tahun 2002. Thailand yang selalu menjadi penghalang timnas Indonesia dalam meraih juara, sukses kembali menjungkalkan Hendro Kartiko dan kawan-kawan dengan skor akhir 6-4.

Tahun 2004, untuk ketiga kalinya timnas Indonesia maju ke partai puncak. Hanya kekecewaan kembali harus dirasakan oleh skuad Garuda. Di final yang saat itu sudah menggunakan sistem home-away, Boaz Solossa dkk ditundukkan Singapura 2-1 (home) dan 1-3 (away).   

Indonesia masuk final lagi pada tahun 2010. Timnas yang saat itu diasuh oleh Alfred Riedl di luar dugaan kalah agregat oleh Malaysia, 4-2.

Rentetan final yang sudah dicicipi ternyata tidak membuat PSSI terpacu untuk meningkatkan target di ajang AFF. Seperti yang sudah beredar di berbagai media massa nasional, PSSI yang diketuai oleh Prof Djohar Arifin hanya membebankan tim yang diarsiteki Nil Maizar tersebut masuk ke partai pamungkas AFF Suzuki Cup 2012.

Tentu sebuah hal yang mengecewakan di saat sebagian besar pecinta sepakbola nasional berharap timnas meraih juara di AFF Cup 2012, justru organisasi sepakbola tertinggi di tanah air ini tidak menargetkannya.

Publik sepakbola nasional sudah haus dan lapar akan gelar internasional. Oleh sebab itu, sudah seharusnyalah PSSI dan timnas memenuhinya.

Raih Piala AFF Suzuki Cup 2012. Jika Thailand, Singapura dan Malaysia bisa jadi juara, timnas Indonesia pasti bisa menjadi juaranya !   

Baca juga :

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Me Without You

Tunduklah Kepada Allah

Ketika Aku dan Dia Berbeda Selera

Sumber : aseanfootball.org / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami