Selat Segar, Sajian Sedap dari Solo

Entertainment / 4 September 2012

Kalangan Sendiri

Selat Segar, Sajian Sedap dari Solo

Lois Official Writer
6718

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Salah satu makanan daerah ini yang terkenal adalah selat segar. Makanan yang satu ini banyak disajikan di berbagai warung makan, baik sekelas pedagang kaki lima (PKL) hingga restoran ternama. Salah satu tempat yang menyediakan makanan ini adalah Warung Selat Mbak Atik yang berlokasi di PDAM Surakarta, Jalan Sawo, Karangasem, Laweyan, Solo.

Lantas seperti apakah selat segar yang dimaksud? Bagi Anda yang mengenal Solo maupun makanan khasnya, sungguh mudah bagi Anda untuk membayangkan, tapi tidak bagi yang merasa asing dengan makanan satu ini. Selat segar adalah makanan berkuah kecoklatan yang berisi sayuran seperti wortel, buncis, kentang, irisan daging sapi, telur, timun, selada, irisan tomat, dan nanas. Sebagai penyedap, mayonnaise sekitar satu sendok dibubuhkan di atasnya.

Kuahnya sendiri terasa encer dan segar. Tentunya setiap tempat makan punya citarasa sendiri dalam menghasilkan selat ini, namun rata-rata kuahnya akan terasa segar. Untuk dagingnya diolah tersendiri sehingga menghasilkan rasa yang enak. Daging sapi yang terdapat di dalam selat ini dicacah dan dibentuk bulatan seperti bakso ukuran sedang sehingga tentu menjadi sajian yang unik dan sedap.

Jika Anda berada di Solo, tentu ada banyak pedagang yang menjualnya. Namun, jika Anda berada di daerah lain dan bingung harus kemana, mengapa Anda tidak mencobanya sendiri? Berikut ini resepnya :

Bahan :
500 gr daging sapi khas dalam
6 btr telur puyuh rebus
6 buah kentang
6 buah wortel
23 buah buncis
Daun selada secukupnya 2 sdm mayones
4 buah tomat
½ sam kecap manis

Bumbu dihaluskan :
4 siung bawang putih
10 bawang merah
1sdt garam
½ sdt lada
½ pala bubuk
1 buah bawang bombai iris

Cara membuat :

  • Rebus daging sapi hinga empuk. Angkat tiriskan dan potong sesuai selera
  • Rebus sayuran kentang, wortel dan buncis secara terpisah. Tiriskan
  • Tumis bawang bombai hingga harum. Tambahkan bumbu halus dan kecap manis. Masak hingga harum.
  • Tambahkan potongan daging telur rebus dan tomat
  • Atur sayuran rebus diatas piring saji bersama daging dan mayones

Sajikan

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami